Strategi Personal Branding Praktisi Komunikasi melalui LinkedIn

Lavie Insani Fadilla, M E Fuady

Abstract


Pada dasarnya, setiap individu mempunyai keunikan personal brand dari sifat pribadi masing-masing individu. Personal branding merupakan citra yang dimiliki seseorang untuk dipersepsikan kepada masyarakat secara konsisten. Maraknya media online dimanfaatkan banyak orang melakukan cyber public relations sekaligus sebagai wadah personal branding termasuk praktisi komunikasi demi menunjang perkembangan karirnya. Salah satu media online yang digunakan yaitu LinkedIn. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen, kompetensi yang menjadi kekuatan, kendala yang dihadapi, peran penting personal branding dalam perkembangan karir, dan pembuktian personal branding online praktisi komunikasi sesuai dengan dunia nyata. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik wawancara terbuka dan mendalam, observasi, studi pustaka, dan dokumen yang relevan dengan penelitian. Subjek penelitian terdiri dari empat informan yakni Muhammad Zulkifli dan Salsabila Avinandita sebagai informan kunci dan dua orang sebagai informan pendukung. Konsep dan teori pendukung dalam penelitian ini diantaranya Teori Personal Branding  dan Cyber Public Relations. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan strategi personal branding diantaranya komponen pendorong dengan memaksimalkan fitur LinkedIn dan selain LinkedIn, kompetensi yang dijadikan kekuatan dalam menghadapi kompetitor dengan personal branding dominan, kendala yang berasal dari luar dan dalam diri yang dapat diatasi dengan melakukan tindakan sebagai solusi, personal branding berperan untuk promosi diri, mencari pekerjaan, networking profesional, referensi penilaian profesional, serta perkembangan karir di masa datang serta kerelevanan personal branding online harus dibuktikan di dunia nyata agar personal branding online yang dibangun di LinkedIn tidak sia-sia.

Keywords


Personal Branding, Online, Cyber Public Relations, LinkedIn.

References


Arruda William, Kirsten Dixson. 2007. Career Distinction : Stand Out by

Building Your Brand. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

McNally, D., & Speak, K.D. 2002. Be Your Own Brand. San Fransisco: Berret

Koehler Publisher, Inc.

Montoya, Peter. ,& Vandehey, Tim. 2008. The Brand Called You: Make Your

Business Stand Out in a Crowded marketplace (paperback). United States

of America: McGraw-Hill.

Parengkuan, Erwin. ,& Tumewu, Becky. 2014. Personal brand-Inc: Rahasia untuk

Sukses dan Bertahan di Karir. Jakarta: PT Gramedia.

Ratnasari, Anne. dkk. 2015. “Karakteristik Dosen dalam Memopulerkan Perguruan Tingginya melalui Facebook dan Twitter.â€, dalam Jurnal Mimbar Vol. 31, No. 2, Desember 2015 (hal 451-460).

Samsup, J. & Yungwook, K. 2003. The Effect of Web Characteristics on Relationship Building. Journal of Public Relations Research, 15 (3), 199223

Wardi, Yunia. 2014. “Membangun Personal Branding Melalui Iklanâ€, dalam Jurnal Dinamika Manajemen Vol.5, No.1, Maret 2014 (hal 100-109).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6974

Flag Counter   Â