Citra Baru SMK Negeri 2 Bogor

Firza Abdurrachman, Wulan Trigartanti

Abstract


SMK Negeri 2 Bogor dalam kurang lebih 20 tahun terakhir ini meskipun menjadi salah satu sekolah kejuruan favorit di Bogor (khususnya Kota Bogor) namun memiliki citra yang kurang baik di mata masyarakat yakni sebagai salah satu sekolah di Kota Bogor yang siswanya sering sekali melakukan perkelahian pelajar. Namun dalam 3 tahun terakhir ini mulai berusaha untuk melepaskan citra yang kurang baik tersebut dengan berbagai strategi untuk membentuk citra yang lebih baik, maka upaya Rebranding pun dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa sajakah yang dilakukan oleh SMK Negeri 2 Bogor dalam melakukan rebranding untuk bisa membentuk citranya menjadi sekolah yang anti perkelahian pelajar, serta alasan dan hambatan apa saja yang mereka temui dalam melakukan pembentukan citra tersebut. Tujuan khusus penelitian ini ialah untuk menganalisis bagaimana strategi pembentukan citra baru yang dilakukan SMK Negeri 2 Bogor menjadi sekolah anti perkelahian pelajar melalui rebranding.. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal, dimana studi kasus merupakan tipe pendekatan dalan penelitian yang menelaah suatu kasus secaa intensif, mendalam, mendetail dan komprehensif. Dari hasil dari penelitian diketahui bahwa strategi yang diterapkan di SMK Negeri 2 Bogor terdiri dari dua macam strategi yakni internal dan eksternal, dimana dua macam strategi tersebut merupakan merupakan dua tahapan yang berbeda. Strategi yang diterapkan pada internal dilakukan dengan banyak merubah peraturan, kebijakan dan bertujuan untuk memberantas penyimpangan perilaku pelajar yang ada di SMK Negeri 2 Bogor dan juga meningkatkan kualitas yang dimiliki oleh SMK Negeri 2 Bogor. Sedangkan strategi yang ditujukan kepada eksternal bertujuan untuk mengenalkan citra baru yang dimiliki oleh SMK Negeri 2 Bogor kepada masyarakat. Diketahui juga bahwa strategi yang dijalankan di SMK Negeri 2 Bogor tidak semuanya merupakan strategi yang direncanakan secara matang dari awal namun juga ada beberapa strategi yang secara spontan dijalankan yang merupakan pengembangan dari aturan yang ditetapkan dinas pendidikan.


Keywords


Citra, Rebranding, SMK Negeri 2 Bogor, Perkelahian pelajar, Tauran

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Iriantara, Yosal. 2013. Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Maulana, Hamzah. 2011. “Rebranding Harian Umum ‘Mitra Dialog’ Menjadi Harian Umum ‘Kabar Cirebon’: Studi Deskriptif tentang Rebranding yang Dilakukan Harian Umum Mitra Dialog Menjadi Harian Umum Kabar Cirebonâ€. Skripsi. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Moelong, J.Lexy. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Yulianita, Neni. 2003. Dasar – Dasar Public Relations. Bandung: P2U LPPM UNISBA

Sumber Lain :

Arsip Dokumen SMK Negeri 2 Bogor yang didapat pada 6 Juni 2017

http://sekolah.data.kemendikbud.go.id/index.php/chome/profil/A8EE1C60-9919-4CBC-B316-0FF78208D5BD diakses 28 Maret 2017 pukul 21:18




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6972

Flag Counter   Â