Aktivitas Public Relations Rumah Sakit dalam Kampanye Motto

Mohamad Iqbal Fauzi, Ani Yuningsih

Abstract


Keberadaan rumah sakit di tengah masyarakat yang semakin tinggi kesadarannya akan kesehatan merupakan hal mendasar. Masyarakat akan memilih rumah sakit yang terpercaya, sehingga peran humas/public relations sangat dibutuhkan. Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin Bandung merupakan rumah sakit yang telah berdiri sejak lama dan eksistensinya dipengaruhi aktivitas public relations, seperti kampanye dan sosialisasi. Maka pengoptimalan kinerja rumah sakit akan berpengaruh terhadap pembentukan reputasi yang sejalan dengan Motto RSUP Hasan Sadikin yaitu “Kesehatan Anda adalah Prioritas Kami”. Untuk bisa mengenalkan motto agar publik mengetahui landasan motivasi pada pelayanan kesehatan, maka peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana Aktivitas Public Relations Rumah Sakit dalam Kampanye Motto. Sehingga publik dan masyarakat mengetahui keunggulan pelayanan yang berlandaskan motto tersebut dengan mengkampanyekan dan mensosialisasikannya melalui berbagai aktivitas public relations. Berdasarkan hal  tersebut, maka pertanyaan dalam penelitian ini dinyatakan sebagai berikut: (1) Bagaimana langkah strategis kampanye motto “Kesehatan Anda adalah Prioritas Kami” yang dilakukan Public relations RSUP Hasan Sadikin melalui media sosial? (2) Bagaimana langkah-langkah menginternalisasikan motto “Kesehatan Anda adalah Prioritas Kami” dalam pelayanan RSUP Hasan Sadikin? (3) Mengapa RSUP Hasan Sadikin mengusung motto “Kesehatan Anda adalah Prioritas Kami”?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang menekankan pada persoalan kedalaman data. Peneliti menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) RSUP Hasan Sadikin mengkampanyekan mottonya pada pihak eksternal dengan menggunakan media sosial (Facebook, Instagram, Twitter). (2) Sedangkan pada pihak internal pada proses internalisasi dilakukan melalui penguatan budaya kerja, evaluasi kerja dan upacara peringatan hari penting. (3) Pengusungan motto tersebut merupakan kesepakatan direktur utama dan seluruh pimpinan elemen RSUP Hasan Sadikin yang berorientasi pada pelayanan yang sesuai dengan motto.


Keywords


Motto, Public Relations, Kampanye, RSUP Hasan Sadikin

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Public Relations: Pendekatan Praktis untuk Menjadi Komunikator, Orator, Presenter, dan Juru Kampanye Handal. Bandung: Widya Pajajaran

Jefkins, Frank. 2003. Publik Relations 5th. Jakrta : Erlangga.

Koentjaraningrat. 2002. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT. Rineka.

Ruslan, Rosady. 1997. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soerjono, Soekanto. 2003. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Yulianita, Neni. 2012, Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbit Universitas- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung (P2U-LPPM UNISBA).




Flag Counter