Strategi Public Relations Officer PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi II Bandung

David Iskandar, Maya Amalia Oesman Palapah

Abstract


Kereta api adalah alat transportasi darat masal yang digemari oleh masyarakat Indonesia untuk sekarang ini. Untuk mempertahankan minat dari para penumpang terhadap kereta api maka kereta api terus melakukan perbaikan-perbaikan di segala sektor salah satu caranya yaitu dengan cara mengadakan event-event di setiap bulannya, salah satu eventnya adalah event February I Am In Love. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi, hambatan, evaluasi dan alasan pembuatan dari event February I Am in Love. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan dokumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Public Relations dari PT KAI sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui event February I Am in Love adalah dengan memberikan promo tiket kereta api, pemberian goddy bag dan juga penambahan kereta api di bulan Februari. Adapun hambatan yang didapat yaitu dari adanya perbedaan status sosial, perbedaan budaya, dan gangguan fisik. Kemudian evaluasi dilakukan diawal (Summative) dan diakhir (Formative) event. Sedangkan alasan  pembuatan event ini adalah karena ingin memberikan kasih sayang dari PT KAI kepada para pelanggannya.


Keywords


Kereta Api, Strategi, Public Relations, Kegiatan.

References


Baldwin, John. 2004. Teori Komunikasi dalam Kehidupan Setiap Hari. Terjemahan. Yogyakarta: Likis.

Cutlip, Scott M. 2006. Effective Public Relations. Jakarta: Prenada Media Group

Effendy, Onong Uchjana. 2006. Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kriyantono, R. 2008. Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas. Jakarta: Prenadamedia group.

Ludlow, Ron & Fergus Panton. 1996. Komunikasi Efektif. Editor: Deddy Jacobus, Yogyakarta: Andi.

Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Soemirat, Soleh & Elvinaro Ardianto. 2003. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alafabeta.

Yin, Robert K. 2015. Studi Kasus Desain & Metode. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbit Universitas (P2U) LPPM UNISBA.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6881

Flag Counter   Â