Penggunaan Fitur Line Today dalam Menarik Minat Baca

Sarah Ridzki Mahardika, Dadi Ahmadi

Abstract


Remaja Indonesia terkenal sebagai pengguna aktif media sosial. Sebagai digital native, remaja terbiasa dalam mengakses berbagai jenis media sosial dengan berbagai alasan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa alasan utama remaja menggunakan media sosial adalah untuk berkomunikasi. Dewasa ini berbagai aplikasi sebagai media jejaring sosial telah banyak digunakan oleh setiap orang untuk memenuhi kebutuhan informasi dan hiburannya. Begitu banyaknya fitur yang disediakan oleh sebuah aplikasi media sosial menjadikan mereka media paket lengkap yang membuat pengguna tidak perlu berpindah ke platform lain. Fasilitas tersebut dapat diakses melalui satu aplikasi utama Line. Line merupakan salah satu media sosial yang berfungsi sebagai sarana penyampaian pesan. Selain sebagai sarana untuk penyampaian pesan, kini Line menyediakan salah satu fitur bernama Line Today. Hal tersebutlah yang kemudian membuat remaja tidak perlu mengakses portal berita atau koran dalam mendapatkan berita terbaru. Karena setiap harinya Line merangkup peristiwa tersebut melalui fitur Line Today. Line Today merupakan sebuah website yang dibuat oleh Line, mengenai berita terbaru yang diambil dari website-website seputar berita, tekno, entertainment, dan lain-lain. Masyarakat Indonesia ramai menggunakan fitur Line Today untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Penelitian ini membahas tentang Penggunaan Fitur Line Today dalam Menarik Minat Baca pada Siswa SMAN 2 Bandung dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, studi kepustakaan, dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan fitur Line Today dalam Menarik Minat Baca. Pada penelitian ini sampel didapatkan melalui teknik sampel acak kluster. Maka dari itu yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Bandung yang menggunakan aplikasi Line. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa intensitas, isi pesan, dan hubungan pengguna dengan isi media fitur Line Today cukup signifikan dalam menarik minat baca.


Keywords


Media Sosial, informasi, Line, Fitur Line Today, Minat Baca

References


Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, dan Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Effendy, Onong Uchjana. 1993. (1) Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Effendy, Onong Uchjana. 2005. (2) Komunikasi & Modernisasi. Bandung: Mandar Maju.

Effendy, Onong Uchjana. 2008. (3) Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Eriyanto. 2007. Teknik Sampling Analisis Opini Publik. Yogyakarta: PT LKiS Pelangi Aksara.

Friedenberg, Lisa. 1995. Psychological Testing: Design, Analysis and Use. Boston: Allyn & Bacon.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6853

Flag Counter   Â