Kompetensi Public Relations Officer (PRO) Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Public Relations BUMN Bandung

Afiyah Manar

Abstract


Kompetensi kerja adalah kemampuan kerja pada sertai individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan atau keahlian serta sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan kompetensi public relations officer berdasarkan latar belakang pendidikan public relations dengan pendidikan non public relations di PT. Kereta Api Indonesia dan PT.POS Indonesia Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu Kompetensi Public Relations Officer berdasarkan Latar Belakang Pendidikan public relations, dan terdiri dari dua sampel independen yaitu sampel public relations berdasarkan latar belakang pendidikan public relations dan sampel public relations officer latar belakang pendidikan non public relations. Operasionalisasi variabelnya adalah pengetahuan teknis (technical knowledge), keterampilan teknis (technical skill), dan motivasi teknis (technical motivation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara melalui penyebaran kuesioner, observasi, dan studi kepustakaan dengan sample (n) 16 responden. Data yang diperoleh di uji secara statistik dengan menggunakan rumus U-Mann Whitney kemudian di analisis, dan menghasilkan kesimpulan terdapat perbedaan kompetensi PRO berdasarkan latar belakang pendidikan PR dengan non pendidikan PR di perusahaan PT. KAI dan PT. POS Indonesia pada taraf signifikansi alpha α = 0.05.


Keywords


Kompetensi Public Relations, Pengetahuan Teknis, Keterampilan Teknis, Motivasi Teknis.

References


Botan, Carl H. Hazleton, Vincent. Public Relations Theory II. 2006. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi.

Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

_________________. 2012. Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

_________________. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal:

Sugiyono 2001. Statistik Nonparametris. Cetakan ke-2. Bandung: Alfabeta

_______. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

_______.2017. Statistika untuk Penelitian.Cetakan ke-28. Bandung: Alfabeta

Siegel, Sydney. 1986. Statistik Nonparametrik untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations, Bandung : Alqaprint

Yulianita, Neni. 2002. “Pengaruh Kepemimpinan Manajer Public Relations terhadap Kualitas Manajemen Public Relations dan Korelasinya dengan Afektivitas Sistem Komunikasi Perusahaanâ€. dalam Mediator Jurnal Komunikasi volume 3 no 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6719

Flag Counter   Â