Strategi Public Relations dalam Menangani Krisis Pemberitaan Negatif di Media Massa (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Public Relations Grand Royal)
Abstract
Abstract.Hospitality business competition becomes more intense, and coupled to the rapid construction of five-star hotel in the city of Bandung. Now every hotel companies push services and products to become number one and the best among the good. The crisis on the company can not be avoided. Crisis news circulating in the media can lead to the company's image to be bad. For that a Public Relations Officer must promote creativity and innovative in implementing strategic planning to overcome the crisis of negative news circulating in the media. To conduct a public relations strategy to deal with the negative news coverage in the mass media need to be done prior to the crisis of identification. A Public Relations Officer can do planning strategies public relations by way of prevention strategies, strategy preparation and countermeasure strategy. This research uses qualitative descriptive study approach which aims to uncover the deeply about public relations strategy in dealing with the crisis of negative news coverage in the mass media. Data techniques used in this research is the use of the interview. To test the validity of the data in field, researchers using the technique of triangulation.
Abstrak.Iklim kompetisi bisnis perhotelan semakin ketat, dan ditambah semakin pesatnya pembangunan hotel berbintang lima di Kota Bandung. Kini setiap perusahaan hotel mendorong jasa dan produknya untuk menjadi nomer satu dan terbaik diantara yang baik. Krisis terhadap perusahaan tidak bisa dihindari. Krisis pemberitaan yang beredar di media massa dapat mengakibatkan citra perusahaan menjadi buruk. Untuk itu seorang Public Relations Officer harus meningkatkan kreativitas dan inovatif dalam menjalankan strategi perencanaan untuk mengatasi krisis pemberitaan negatif yang beredar di media massa. Untuk melakukan strategi public relations untuk menangani pemberitaan negatif di media massa perlu dilakukan identifikasi terhadap krisis terlebih dahulu. Seorang Public Relations Officer akan dapat melakukan perencanaan strategi public relations dengan cara strategi pencegahan, strategi persiapan dan strategi penanggulangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk dapat mengungkap secara mendalam mengenai strategi public relations dalam menangani krisis pemberitaan negatif di media massa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara. Untuk menguji keabsahan data dilapangan, peneliti menggunakan teknik triangulasi.Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agung, Silih Wasesa. 2010. Strategi Public Relations. Jakarta. Gramedia
Ardianto,Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Cutlip, Center & Broom. 2005. Effective Public Relations. Jakarta. PT. Indeks Kelompok Gramedia
Elvinaro Ardianto & Soleh Soemirat. 2002. Dasar-dasar public relations. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Creswell, John W. 1998. Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Traditions. London: SAGE Publications
Darmastuti, Rini. 2012. Media Relations: Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta:Andi
Devito, J. 1996. Human Communication. Jakarta. Profesional Book.
F. Rachmandi. 1992. Public Relations dalam Teori dan Praktek. PT. Gramedia Pusaka Utama
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Balai Pustaka
Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Kriyantono, Rachmat. 2015. Public Relations, Issue & Crisis Management: pendekatan critical public relations, etnografi kritis & kualitatif. Kencana. Jakarta.
Murray, A. 2001. Public Relations Berkshire:Hodder & Stoughtom Ltd.
Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : Rosda
Mulyana, Deddy. 2008. Metodolgi Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Sosial. Bandung : Remaja Rosdakarya
Nova, Firsan. 2009. Crisis Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Nova, Firsan. 2014. PR WAR. Kompas Gramedia
Oliver, Sandra. 2007. Strategi Public Relations. Erlangga.
R. Terry, George & Leslie.2010. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara
Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Ruslan, rosady. 2007. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan aplikasi. Edisi: revisi 9. Jakarta. Rajawali Pers.
Suparmo, Ludwig. 2011. Crisis Managemen & Public Relations. Jakarta: PT. Rajagrafindo
Widjaja, H.A.W. 2008. Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta:Bumi Aksara
Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung:LPPM UNISBA
Sumber Lain;
www.grandroyalpanghegar.com
http://www.inilahkoran.com/berita/ekonomi/56982/panghegar-group-siap-selesaikan-tunggakan-pajak Diakses pada tanggal 30 Mei, 2016 pukul 20:25 WIB
http://fokusjabar.com/2016/06/13/pt-panghegar-kana-properti-diambang-pailit-ratusan-pemilik-apartemen-minta-kejelasan-sertifikat/ Diakses pada tanggal 22 Juni 2016 pukul 22:12 WIB
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6376
  Â