Krisis Kepercayaan Online Shop Terhadap PT. Pos Indonesia dalam Penggunaan Jasa Pengiriman Barang

Rama Bintang Pamungkas, Riza Hernawati

Abstract


Abstract.Online shopping system currently has become a trend for the people of the world, as evidenced from year to year percentage is always increasing in every country, particularly in Indonesia. But on the other hand, employers who penetrated its business in the online world will surely faces major challenges to meet the needs of its customers, one of them are from the delivery of the goods. One of the companies that are still consistent delivery of the goods until the moment i.e. PT. Pos Indonesia, which is already almost 270 years engaged in service delivery with a myriad of experiences. But lately sprung up similar companies in the same field as JNE and TIKI, in the last three years the two companies is superior to the PT. Pos Indonesia. The research method used is qualitative method with approach case studies, and data collection techniques used are by: observation, interviews with speakers, and documentation. The results of this research are the crisis of confidence that is happening among the online shop that moves in the field of fashion in Bandung against PT. Pos Indonesia was more valued because PT. Pos Indonesia currently does not use the media for disseminating the right information also building its image in the eyes of the public, but again if seen from above, the analysis results that PT. Pos has been growing lately, just that information submitted to the public has not been fullest due to media information. Plus technology and human resource such as logging and slow speed in handling services and work system also have an impact on the reputation of PT. Pos known currently less follow the times.

Abstrak.Sistem belanja secara online saat ini sudah menjadi tren bagi masyarakat dunia, terbukti dari tahun ke tahun persentasenya selalu meningkat di setiap negara, khususnya di Indonesia. Namun di sisi lain, pengusaha yang merambah bisnisnya di dunia online pasti akan menghadapi tantangan besar untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya, salah satunya dari sisi pengiriman barang. Salah satu perusahaan pengiriman barang yang masih konsisten hingga saat ini yaitu PT. Pos Indonesia, yang sudah hampir 270 tahun bergerak di bidang jasa pengiriman dengan segudang pengalamannya. Namun akhir-akhir ini bermunculan perusahaan sejenis yang bergerak di bidang yang sama seperti JNE dan TIKI, dalam tiga tahun terakhir kedua perusahaan ini lebih unggul dari PT. Pos Indonesia. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara: observasi, wawancara dengan narasumber, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini Krisis kepercayaan yang terjadi di kalangan online shop yang bergerak di bidang fashion di kota Bandung terhadap PT. Pos Indonesia ini lebih dinilai karena PT. Pos Indonesia saat ini tidak menggunakan media informasi yang tepat untuk mensosialisasikan juga membangun imagenya lagi dimata publik, padahal jika dilihat dari hasil analisis diatas, PT. Pos telah berkembang akhir-akhir ini, hanya saja informasi yang disampaikan belum sampai pada publik secara maksimal dikarenakan media informasinya yang tidak tepat. Ditambah teknologi dan SDM nya seperti pendataan dan kecepatan yang lambat dalam menangani pelayanan dan sistem kerja juga berdampak pada reputasi PT. Pos yang dikenal saat ini kurang mengikuti zaman.


Keywords


The Crisis Of Trust, Online Shop, PT Pos Indonesia, Airfreight Services

References


Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke Tiga Belas Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nova, Firsan. 2014. PR WAR: Pertarungan Mengalahkan Krisis, Menaklukan Media, dan Menangani Simpati Publik. Jakarta: Grasindo.

Nugroho, Adi Sulistyo. 2016. E-Commerce: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Ekuilibria.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6212

Flag Counter   Â