Hubungan antara Sistem Penyusunan Pesan pada Media Informasi dengan Citra Perusahaan

Miranti Pramestia

Abstract


Abstract. Information is  components of messages exchanged in the communication which has the function to increase knowledge and perception. People do a lot of ways to get the information they want, because people really need information so as informant must be able to deliver information accurately. In presenting the information certainly should systematic in the preparation of the message, so the message can deliver. The order of good preparation system are attention, needs, the satisfaction, visualization and action. Rumah Makan Kehidupan Tidak Pernah Berakhir is one of restaurant that is pretty unique, this restaurant is one of the restaurants Vegetarian (foods containing vegetable). For the company's image means that the public has perception to the corporate identity. Imagery is an important priority which is taken by the consumer as a reference before making a decision that will be selected if the image was either going to get positive value for a company / institution. Furthermore, the consumer perception has been formed will be an impression, neither be good or bad impression therefore this research focused on the location Rumah Makan Kehidupan Tidak Pernah Berakhir. This research uses quantitative method with the correlational approach. The purpose of this research aims to determine how the relationship between preparation of system message with image on the media information Rumah Makan Kehidupan Tidak Pernah Berakhir in the perception of consumers .The company’s population numbered is 1000 customers each day, and is sample of 100 consumers. The sampling technique used by the researchers is a random sampling. Validity analysis used in this research using Spearman Rank. Reliability analysis method used in this research is the method of internal consistency with Cronbach alpha technique. The results of this reseach is a significant relationship the between preparation of system messages the media information including attention, needs, gratification, visualization, and actions with the company's image in Rumah Makan Kehidupan Tidak Pernah Berakhir.

Abstrak.Informasi adalah sebuah komponen-komponen pesan yang dipertukarkan dalam komunikasi yang mempunyai fungsi menambah pengetahuan dan wawasan. Orang melakukan banyak cara untuk bisa mendapatkan informasi yang mereka inginkan, karena masyarakat sangat membutuhkan informasi maka sebagai informan harus dapat menyampaikan informasi secara tepat. Dalam menyampaikan informasi tentunya harus memiliki sistematika dalam penyusunan pesan, agar pesan informasi yang disampaikan dapat tersalurkan dengan baik. Urutan sistem penyusunan yang baik yaitu adanya perhatian, kebutuhan, pemuasan, visualisasi, dan tindakan. Rumah makan Kehidupan Tidak pernah Berakhir adalah salah satu Rumah yang terbilang unik, Rumah makan ini adalah salah satu restoran Vegetarian (makanan yang mengandung sayuran). Bagi perusahaan citra berarti persepsi masyarakat terhadap jati diri perusahaan. Citra merupakan prioritas penting yang diperhitungkan oleh konsumen karena menjadi acuan sebelum melakukan keputusan yang akan dipilih jika citra itu baik akan mendapatkan nilai positif bagi sebuah perusahaan/lembaga. Selanjutnya persepsi konsumen telah dibentuk akan menjadi sebuah kesan, kesan yang ditimbulkan bisa berupa kesan baik dan kesan buruk maka dari itu penelitian ini memfokuskan lokasinya pada Rumah Makan Kehidupan Tidak Pernah Berakhir. Penelitian Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional.tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara sistem penyusunan pesan media informasi dengan citra Rumah Makan Kehidupan Tidak pernah Berakhir di benak konsumen .Dimana populasi yang dipakai berjumlah 1000 konsumen perhari, dan sampel berjumlah 100 konsumen. kemudian Teknik sampling yang dipakai oleh peneliti dalam penelitian ini adalah random sampling. Analisis validitas yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Rank Spearman. Metode analisis reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode internal consistency dengan teknik Alpha Cronbach. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara sistem penyusunan pesan pada media informasi yang mencakup perhatian, kebutuhan,pemuasan, visualisasi, dan tindakan dengan Citra perusahaan di Rumah Makan Kehidupan Tidak Pernah Berakhir.


Keywords


Sistem Penyusunan Pesan, Citra Perusahaan.

References


A.M, Morissan. 2009. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta

Penerbit Kencana.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Cangara, H. Hafied. (2013) Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada

Rakhmat, Jalaluddin.Drs,M.Sc (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung:

Rosdakarya.

Rusady, Ruslan. 2007. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi

Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Effendy,Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan

Kesembilan belas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6098

Flag Counter   Â