Kegiatan Employee Relations dalam Upaya Pembentukan Citra di Kalangan Karyawan PT.Infomedia Nusantara Jawa Barat

Sandra Sulastri Hidayat, M Subur Drajat

Abstract


Abstract.PT. Infomedia Nusantara is a company call center services in cooperation with Telkomsel. With a wide range of achievements gained from its external public make the company has a good image among its external public, how the company's image PT.Infomedia archipelago among the internal (employees) through activities that often do employees together is employee relations activities?. Density of working hours and pressure in their duty to make employee feel saturated and negligent of their duties, to the activities of employee relations within a company has an important role. By holding these activities to channel the interests and talents of employees outside of working hours is certainly expected to be their comfort and loyalty of the employees to the company. Employee relations aims to achieve mutual understanding (mutual understanding), cooperation (relationship) and loyalty among the management by employees. Employee relations activity that takes place within the organization will have an impact on the perception of employees that affect the image of the company among employees. The purpose of this study was to find out the formation of the company's image through employee relations activities on PT.Infomedia Nusantara Jawa Barat. The method used is quantitative descriptive with a sample of 87 respondents who are employees of PT.Infomedia Nusantara Jawa Barat. Measuring instruments used for the company's image variables defined by the researchers based on the theory of Yulianita Neni (1999). Based on calculations questionnaires distributed, 87 respondents considered that good corporate reputation, good corporate activity, and behavior management company scored well too, obtained a good value because the value is above average is above 50%. Hereby declared that the activities of employee relations at PT. Infomedia Nusantara Jawa Barat get positive feedback and positive benefits according to the respondents' assessment. Thus, it can be seen from respondents about the reputation of the company, activity, and behavior of good corporate management. Then the image obtained on PT.Infomedia Nusantara Jawa Barat that is both among employees.

Abstrak.PT. Infomedia Nusantara merupakan perusahaan jasa layanan call center yang bekerja sama dengan Telkomsel. Dengan berbagai macam prestasi yang diperoleh dari publik eksternalnya membuat perusahaan ini mempunyai citra baik di kalangan publik eksternalnya, bagaimana citra perusahaan PT.Infomedia Nusantara di kalangan pihak internalnya (karyawan) melalui kegiatan yang sering dilakukan karyawan bersama-sama yaitu kegiatan employee relations?. Padatnya jam kerja dan tekanan dalam menjalankan tugasnya membuat karyawan merasa jenuh dan lalai menjalankan tugasnya, untuk itu kegiatan employee relations dalam sebuah perusahaan memiliki peran yang penting. Dengan diadakannya kegiatan tersebut menyalurkan minat dan bakat para karyawan diluar jam kerja tentu diharapkan akan adanya kenyamanan dan kesetiaan para karyawan kepada perusahaan. Employee relations bertujuan untuk mencapai saling pengertian (mutual understanding), kerjasama (relationship) serta loyalitas diantara pihak manajemen dengan para karyawannya. Aktivitas employee relations yang berlangsung dalam organisasi akan berdampak terhadap persepsi para karyawannya sehingga mempengaruhi citra perusahaan di kalangan karyawan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pembentukan citra perusahaan melalui kegiatan employee relations pada PT.Infomedia Nusantara Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 87 responden yang merupakan karyawan PT.Infomedia Nusantara Jawa Barat. Alat ukur yang digunakan untuk variabel citra perusahaan dirumuskan oleh peneliti berdasarkan teori dari Yulianita Neni (1999). Berdasarkan hasil perhitungan angket yang disebar, 87 orang responden menilai bahwa reputasi perusahaan baik, aktivitas perusahaan baik, dan perilaku manajemen perusahaannya dinilai baik juga, diperoleh nilai baik karena nilai diatas rata-rata yaitu diatas 50%. Dengan ini dinyatakan bahwa kegiatan employee relations pada PT. Infomedia Nusantara Jawa Barat mendapatkan tanggapan positif dan memberikan manfaat positif menurut penilaian responden. Jadi, dapat disimpulkan jika dilihat dari tanggapan responden tentang reputasi perusahaan, aktivitas, dan perilaku manajemen perusahaan baik. Maka citra yang diperoleh pada PT.Infomedia Nusantara yaitu baik di kalangan karyawannya.


Keywords


Employee Relations, Corporate Image, PT.Infomedia Nusantara Jawa Barat

References


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian untuk PUBLIC RELATIONS Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung. SIMBIOSA REKATAMA MEDIA.

Budiatna, Muhammad. Mona, Leila. 2012. Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta. KENCANA.

Komala, Lukiati. 2009. Ilmu Komunikasi Perspektif, Proses, dan Konteks. Bandung. Widya Padjajaran.

M. Manullang. 2002. Pengantar Bisnis. Gadjah Mada University. Yogyakarta.

Moore, H. Frazier. 2004. Humas (Membangun Citra dengan Komunikasi). Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta. KENCANA.

Prabu, Anwar. 2009. Perilaku Konsumen. Bandung. PT. Refika Aditama

Rumanti, Sr. Maria Assumpta. 2005. Dasar-Dasar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Grasindo.

Soemirat, Soleh, Ardianto, Elvinaro. 2005. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Soemirat, Soleh, Ardianto, Elvinaro. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Uchjana, Onong. 1993. Human Relations dan Public Relations. Bandung. Mandar Maju.

Yulianita, Neni. 2003. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung. Pusat Penerbitan.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5916

Flag Counter   Â