MAKNA TAYANGAN IKLAN POLYGON BIKES DI MEDIA ONLINE YOUTUBE

Satria Ramadhan

Abstract


Abstrak. Pada saat ini perkembangan teknologi sudah berkembang sangat pesat, untuk itu diperlukan adanya suatu inofasi untuk mempromosikan suatu barang atau jasa pada media sosial yaitu YouTube. Penelitian ini menggunakan metode semiotika dan pengumpulan data melalui wawancara, dan observasi partisipasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ikon, indeks, dan symbol pada tayangan iklan Polygon Bikes di YouTube. Hasil penelitian adalah ikon berupa brand image yang menampilkan produk Polygon Bikes beserta dua professional atlit, Yannick Granieri dan Sam Reynolds. Sedangkan Indeks yang muncul merupakan misi dari Polygon Bikes untuk tumbuh dan berkembang dalam memasuki pasar Eropa. Sedangkan simbol berupa logo brand, makna gaya atraksi dan makna rintangan. Selain untuk memperluas pasar dan membentuk persepsi publik, Polygon Bikes mendukung kejuaraan sepeda dengan menjadi sponsor untuk berbagai jenis kejuaraan sepeda di Indonesia bahkan hingga mancanegara. Dalam skala nasional, Polygon Bikes memberikan kontribusinya melalui acara fun bike, car free day. Jadi makna tayangan iklan Polygon Bikes melalui media online YouTube dengan menggunakan kredibilitas kedua atlet profesional yang menjadikan produk Polygon Bikes memiliki nilai tambah untuk menguatkan persepsi dibenak khalayak dan perbedaan konsep dengan kompetitor lainnya.

 

Kata Kunci : semiotika, youtube, makna



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.57

Flag Counter   Â