Hubungan antara Kampanye Iklan dengan Brand Positioning

Nurmala Hizkia

Abstract


Abstract.Marketing communications have a very important role in the company to imaging the brand. Advertising campaign is part of marketing communications. Advertising campaign could make a positioning with the image intension in the company, make a perception or value until the segmented customer  figure out what the company has offered to them, or realizing the brand in comparation with the brand competitor itself. Pond's applying the advertising campaign in their product with one big theme namely #WajahIndonesiaBaru. This campaign built in to preserve Pond's brand positioning. This research is aiming to find out the correlation between the steps, which is awareness step, attitude step and action step in the #WajahBaruIndonesia advertising campaign with the brand positioning product itself. This research is using quantitative method with correlational approach. Data collection technique gathered from questionnaire spreading and literature study.The result of this research showing that there's a correlation between advertising campaign and the product brand positioning. In order to every steps as between awareness step and attitude step there's a significant correlation, where as advertising campaign #WajahBaruIndonesia for the action step is having a substantial correlation.

Abstrak.Komunikasi pemasaran mempunyai peran yang sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan pencitraan (image) atas suatu merk tertentu. Salah satu bentuk dari komunikasi pemasaran adalah kampanye iklan. Kampanye iklan dapat membentuk sebuah positioning perusahaan yang merancang suatu citra, persepsi atau nilai sehingga konsumen dalam segmen sasaran memahami apa yang ditawarkan perusahaan atau merek jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Pond’s menggunakan kampanye iklan dengan menggunakan satu tema besar yaitu #WajahBaruIndonesia untuk terus mempertahankan brand positioning  dari Pond’s itu sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kampanye iklan dengan brand positioning produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tahap awareness, tahap attitude dan tahap action dalam kampanye iklan #WajahBaruIndonesia dengan Brand Positioning Pond’s. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket (kuesioner) dan studi kepustakaan.  Adapun hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa terdapat hubungan antara kampanye iklan dengan brand positioning produk dimana pada setiap tahapan yaitu tahap awareness dan tahap attitude memiliki hubungan yang cukup berarti sedangkan untuk tahap action, kampanye iklan #WajahBaruIndonesia memiliki hubungan yang kuat.


Keywords


Campaign, Advertising, Brand Positioning

References


Kartajaya, Hermawan. 2007. On Positioning. Seri 9 Elemen Marketing. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Kotler dan Keller. 2000. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Jilid 1&2. Jakarta: Erlangga

Rakhmat, Jalaludin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relatoins & Media. Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv.

Barata D, Dion. 2010. “Analisis Keberhasilan Kampanye Iklan dalam Proses Pengambilan Keputusan Memilih Perguruan Tinggi†dalam Jurnal Ultima Management. Volume 2, No 1. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5635

Flag Counter   Â