Citra Perum Damri Kota Bandung Melalui Pembaharuan Fasilitas dan Pelayanan

Yudi Permadiningrat, M Subur Drajat

Abstract


Abstract.This renewal facilities and DAMRI service Bandung route on Leuwipanjang - cicaheum as the image format who represented the perceived either by occupants. It was reflected from of facilities image change can create opinion or positive response from the community as occupants. The percentage of interest communities as a passenger to use DAMRI as a tool trasportasi eliciting an opinion that the results of imaging that formed by the division public relations DAMRI success. Can in terms of promotion direct through advertising , full facilities, or reputation are no need to doubt.Research purposes to know personality, reputation, value, corporate identity according to the community about renewal facilities and services .The methodology descriptive are painted systematically fact or characteristic of a given population factually. Engineering the survey data collection, interview, and study literature, but the population research 100 respondents, while sample techniques used accidental sampling.Based on the results of research, shows that the response against renewal passenger facilities and services of a public company DAMRI city of Bandung Leuwipanjang - Cicaheum is either based on personality, reputation, value, corporate identity.

Abstrak.Adanya pembaharuan fasilitas dan pelayanan DAMRI Kota Bandung pada trayek Leuwipanjang – Cicaheum sebagai bentuk citra yang dapat mewakili lembaga dipersepsikan baik oleh penumpangnya. Pembentukkan citra berupa perubahan fasilitas dapat menciptakan opini ataupun tanggapan baik dari masyarakat sebagai penumpangnya. Persentase ketertarikan masayarakat sebagai penumpang untuk menggunakan DAMRI sebagai alat trasportasinya memunculkan sebuah pendapat bahwa hasil pencitraan yang dibentuk oleh divisi hubungan masyarakat DAMRI sukses. Dapat dari segi promosi langsung melalui iklan, fasilitas yang mumpuni, atau reputasi yang sudah tidak perlu diragukan. Tujuan penelitian untuk mengetahuipersonality, reputation, value, corporate identity menurut masyarakat (penumpang) tentang pembaharuan fasilitas dan pelayanan. Metode penelitian deskriptif yaitu melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu secara faktual. Teknik pengumpulan data yaitu angket, wawancara, dan studi kepustakaan, adapun populasi penelitian yaitu 100 orang responden, sementara teknik sampel yang digunakan accidental sampling.Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa tanggapan penumpang terhadap pembaharuan fasilitas dan pelayanan perusahaan umum DAMRI Kota Bandung padatrayek Leuwipanjang – Cicaheum adalah baik berdasarkan personality, reputation, value, corporate identity.


Keywords


Image, Personality, Reputation, Value, Corporate Identity

References


Harrison, Shirley, 2005. Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: Damar Mulia

Jatman, Marwan. 2005. Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Perspektif Baru dalam Strategi Branding. Jakarta: Amara. Books.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5509

Flag Counter   Â