Penggunaan Ikon Popeye Sang Pelaut di Lambang Club Freestyle Popeye X-Treme

Muhammad Irfan, Teguh Ratmanto

Abstract


Abstract.This study aims to determine the use of icons Popeye the sailor in the freestyle club emblem popeye x-treme. Looking at the phenomenon use of the emblem - the symbol of the club, where in the world is the development of communication is such variety, and variety both verbally and non-verbally, one of which is by using symbols on the emblem motorcycle club that has a meaning that might be a the identity of the club or even become a hallmark of the club itself.Dissecting the meaning of denotation and connotation meaning and ideology of what is contained in the symbol of the club Popeye x-treme.The method used is qualitative method, using a semiotic approach. The theory that is used as a reference is the theory of Roland Barthes.These results indicate that there is a meaning of denotation and connotation meaning and ideology, which is contained in the freestyle club popeye x-treme. Of the emblem club freestyle popeye x-treme, there are ideological Popeye The sailor has a funny behavior ranging from a body that does not make sense as a large hand was clear deciphering that the cartoon is funny and never give up, to practice diligently accompanied by safety equipment complete gear, indirectly club members freestyle popeye x-treme is already invites the audience to drive properly and safety always in priority

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan ikon Popeye sang pelaut di lambang club freestyle popeye x-treme. Melihat fenomena penggunaan lambang – lambang pada club, dimana di dunia ini perkembangan komunikasi sudah sedemikian rupa ragam, dan macamnya baik secara verbal maupun secara non verbal yang salah satunya adalah dengan menggunakan simbol-simbol pada lambang club motor yang memiliki makna yang mungkin dapat menjadi sebuah identitas club atau bahkan menjadi sebuah ciri dalam club itu sendiri.Membedah makna denotasi dan makna konotasi serta idiologi apa saja yang terkandung pada lambang club Popeye x-treme.Metode yang di gunakan adalah metode kualitatif, dengan memakai pendekatan semiotika. Teori yang di gunakan sebagai acuannya adalah teori Roland Barthes.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat makna denotasi dan makna konotasi serta idiologi, yang terdapat pada club freestyle popeye x-treme. Dari lambang club freestyle popeye x-treme ini terdapat idiologi Popeye Si Pelaut mempunyai tingkah lucu mulai dari bentuk badan yang tidak masuk akal seperti tangan yang besar sudah jelas mengartikan bahwa tokoh kartun ini lucu dan pantang menyerah, dengan berlatih dengan giat di sertai oleh perlengkapan safety gear yang lengkap, secara tidak langsung para anggota club freestyle popeye x-treme ini sudah mengajak penonton untuk berkendara dengan baik dan keselamatan selalu di utamakan. 


Keywords


Symbol, Roland Barthes Theory, Popeye x-treme

References


Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Press.

Davis, L. Marian. 1987. Visual Design In Dress. New Jersey : Englewood Cliffs Publishing.

Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Eriyanto. 2004. Analisis Wacana, Pengantar Analisis Isi Media. Yogyakarta : LKIS.

Koentjaraningrat. 1990. Sejarah Teori Antropologi. Jakarta: UI-Press.

Ladyanna, S. Sonezza. 2007. Komunikasi Nonverbal dalam Masyarakat Budaya Minangkabau. Jatinangor: Universitas Padjadjaran.

Moloeng, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4895

Flag Counter   Â