Hubungan Kegiatan Employee Relations Pertamina Cilacap dengan Motivasi Karyawan
Abstract
Abstract.Employee Relations activities in a company is a duty that should be there. Where the purpose of the activities of Employee Relations is not another to achieve the objectives of the company by way of having a good relationship between the company and its employees. To establish a good relationship, the company conducts business in which one of them is to make programs that are intended for companies that are expected to motivate employees to improve their performance. Therefore, researchers wanted to find out from the perspective of the employee if there is a relationship between the programs created by the company's employees with the motivation of the employees themselves. In this study, researchers found a match concept activities Employee relations proposed by Rusady Ruslan which includes programs namely education and training, work motivation achievement, awards, special events, media internally within the company Pertamina, which the researchers focused their location on Pertamina Cilacap parts Engineering ,This study uses a quantitative method with the correlational approach. The purpose of research is to find out how the relationship Pertamina Cilacap employee relations with employee motivation. Where the population is employed amounted to 64 employees, then the sampling technique used by the researchers in this study is that the sample saturated nonprobability sampling. Validity analysis used in this study using Spearman Rank. Reliability analysis method used in this research is the method of internal consistency with Cronbach alpha technique.The results of this study is a significant relationship between employee relations activities Pertamina Cilacap engineering parts which include education and training programs, employee motivation programs, awards programs, special events program and internal communications media program with employee motivation Pertamina Cilacap.
Abstrak.Kegiatan Employee Relations dalam sebuah perusahaan merupakan sebagai suatu kewajiban yang harus ada. Dimana tujuan dari kegiatan Employee Relations adalah tidak lain untuk mencapai tujuan dari perusahaan dengan cara memiliki hubungan yang baik antara perusahaan dengan karyawannya. Untuk membentuk hubungan yang baik, perusahaan melakukan usaha dimana salah satunya yaitu membuat program-program yang diperuntukan untuk perusahaan yang diharapkan memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerjanya. Karena itu peneliti ingin mengetahui dari sudut pandang karyawan apakah ada hubungan antara program-program yang di buat oleh perusahaan untuk karyawan dengan motivasi karyawan itu sendiri. Dalam penelitian ini peneliti menemukan kecocokan konsep kegiatan Employee relations yang dikemukakan oleh Rusady Ruslan yang meliputi program-program yaitu Pendidikan dan Pelatihan, motivasi kerja berprestasi, penghargaan, acara khusus,media internal di dalam perusahaan Pertamina, dimana peneliti memfokuskan lokasinya pada Pertamina Cilacap bagian Engineering.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan employee relations Pertamina Cilacap dengan motivasi karyawan. Dimana populasi yang dipakai berjumlah 64 karyawan, kemudian Teknik sampling yang dipakai oleh peneliti dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling yaitu sample jenuh. Analisis validitas yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Rank Spearman. Metode analisis reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode internal consistency dengan teknik Alpha Cronbach.Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan employee relations Pertamina Cilacap bagian engineering yang mencakup program pendidikan dan pelatihan, program motivasi kerja, program penghargaan, program acara khusus, dan program media komunikasi internal dengan motivasi karyawan Pertamina Cilacap.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ruslan, Rusady.2010. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT
Raja Grafindo Prsada.
Siagian, P Sondang.2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rakhmat, Jalaluddin.2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4812
  Â