ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI TIM SUKSES RIDWAN KAMIL DALAM PEMILIHAN WALIKOTA BANDUNG 2013

Toni Supriatna, Ani Yuningsih

Abstract


ARTIKEL ILMIAH SARJANA FIKOM UNISBA

TANGGAL KELULUSAN 30 DESEMBER 2014

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI TIM SUKSES RIDWAN KAMIL DALAM PEMILIHAN WALIKOTA BANDUNG 2013

Studi Kasus Strategi Komunikasi Politik Tim Sukses Ridwan Kamil Melalui Media Sosial Twitter dalam Pemilihan Walikota Bandung 2013

1Toni Supriatna, 2Dr. Hj. Ani Yuningsih, Dra., M.Si.

 

1.2Prodi Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung, Jl.Tamansari No. 1 Bandung 40116

1 Supriatna_toni80@yahoo.com 2 yuningsihani@yahoo.com

Abstact. Election of regional heads is one form of democratic society. Towards the Bandung major election 2013-2018 each candidate has a pair of political communication strategies in the campaign, one of the populer campaign through social media twitter to inform the public about the vision and mission of Ridwan Kamil become Major of Bandung.

This study aims to determine the political communication strategies used Ridwan Kamil Successful Team through social media twitter. The research method is a method of qualitative researchers use a case study with a single case design and a single analytical unit, data collection through interviews, literature and documentation.

Based on the results of new research findings in the campaign got a candidate for major of Bandung, Success team Ridwan Kamil head successful campaign. stratregy used is the strategy of political communication by creating unity in the social media twitter, namely stratregy understand audiences, stratregy compose a persuasive message, stratregy and to set repetition method to sort and select media stratregy. The results were very successful in giving voice to Ridwan Kamil. Successful team of social media such as twitter @RKBgd important role as a source of information Ridwan Kamil, to influence the society in delivering a campaign of Ridwan Kamil political ideas. Twitter selected for each as a media campaign because interaction is very effective and interesting.

 

Keywords: Political Communication Strategy, for Social Media Twitter,

Abstrak. Pemilihan umum kepala daerah adalah salah satu wujud masyarakat demokratis.  Menjelang pilkada kota Bandung 2013-2018, setiap calon pasangan mempunyai strategi komunikasi politik dalam berkampanye, salah satu kampanye yang populer dengan kampanye melalui media internet, yang dilakukan melalui media sosial twitter untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang visi dan misi Ridwan Kamil menjadi Walikota Bandung.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang digunakan Tim Sukses Ridwan Kamil melalui media sosial Twitter. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif studi kasus dengan desain kasus tunggal dan unit analisis tunggal. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan baru dalam kampanye calon walikota Bandung, Tim Sukses Ridwan Kamil berhasil melakukan kampanye. strategi yang digunakan adalah strategi komunikasi politik dengan menciptakan kebersamaan di dalam media sosial twitter, yaitu Strategi memahami khalayak, strategi menyusun pesan persuasif, strategi menetapkan metode repetition dan strategi memilah dan memilih media. Hasilnya sangat berhasil dalam pemberian suara kepada Ridwan Kamil. Tim sukses media sosial twitter seperti @RKBgd berperan penting sebagai gudangnya informasi Ridwan Kamil, untuk mempengaruhi masyarakat dalam menyampaikan kampanye gagasan politiknya Ridwan Kamil. Twitter diplih sebagai media kampanye dikarenakan interaksi di twitter sangat efektif dan menarik.

Kata kunci : Strategi Komunikasi politik, Media Sosial Twitter,




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.478

Flag Counter   Â