Hubungan antara Penggunaan Media Sosial Snapchat dengan Personal Branding

Yolanda Novianti Rahayu, Riza Hernawati

Abstract


Abstract.Technologyinformation has been affect the human civilization. The presence of the social media has became phenomenal. Facebook Twitter, YouTube is the various types of social media which attracted so many user to used it,and snapchat is one of the application that provide new kind of social media. Social Media is used to distribute information that the user want to inform other people on social media with, besides it can be used as the tools for the user to be connected with friends within the virtually networking in the form of audio and video. Snapchat became more interactive for the young aged user becaused of the unique content and features that makes Snapchat developed quickly. Snapchat has became the social media that used to express and gained self actualization of the user that eventually forming personal branding accidentally. Personal branding will lead this activity to determine the value and gave the judgement from the people to the users. This research aiming to find the correlation of the Snapchat userand its personal branding as a person. The subject of this research is the student of Law Faculty from Bandung Islamic University hosting 2013. The research using the quantitative approach methods and its corelation, data collecting techique such as questionaire, library research, and interviewing the subjects of the research. The conclusion of the research is, there is corelation between the use of social media Snapchat based on cognitive (information needs) with Personal Branding,  there is a corelation between the use of social media Snapchat based on integrative personal (influence credibility) with Personal Branding, there is a corelation between the use of social media Snapchat based on the integrative social (social needs)  with Personal Branding,  and there is a corelation between the use of social media Snapchat based on the release of tension with Personal Branding.

Abstrak.Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat mempengaruhi peradaban manusia. Kehadiran media sosial menjadi fenomenal, Facebook, Twitter, YouTube, hingga Snapchat adalah beberapa jenis dari media sosial yang diminati oleh banyak khalayak. Media sosial tersebut tidak hanya digunakan untuk mendistribusikan informasi yang bisa dikreasikan oleh pemilik akun itu sendiri, tetapi juga memiliki dasar sebagai portal untuk membuat jaringan pertemanan secara virtual dan medium untuk barbagi data, seperti audio atau video. Kehadiran media sosial Snapchat menarik banyak kalangan terutama kalangan muda, konten dan fitur yang unik dan menarik membuat Snapchat menjadi sebuah aplikasi dengan perkembangan yang cukup cepat. Media sosial Snapchat merupakan salah satu wadah untuk mengekspresikan diri dan aktualisasi diri hingga pada akhirnya akan membentuk Personal Branding dari penggunanya. Personal Branding adalah inti dari usaha membentuk penilaian orang lain terhadap diri sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan dari penggunaan media sosial Snapchat dengan Personal Branding. Subjek penelitian  ini ialah mahasiswa Fakultas Hukum Unisba angkatan 2013. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, studi pustakan dan juga wawancara.Hingga mendapatkan kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan antara penggunaan media sosial Snapchat berdasarkan kognitif (kebutuhan informasi) dengan Personal Branding, terdapat hubungan antara penggunaan media sosial Snapchat berdasarkan integratif personal (pengaruh kredibilitas) dengan Personal Branding, terdapat hubungan antara penggunaan media sosial Snapchat berdasarkan integratif sosial (kebutuhan sosial) dengan Personal Branding, terdapat hubungan antara penggunaan media sosial Snapchat berdasarkan pelepasan ketegangan dengan Personal Branding.



Keywords


Social Media, Snapchat, Personal Branding.

References


Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Astuti Santi Indra dan Hasbiansyah O. Panduan Penyusunan Skripsi , Usulan Penelitian, dan Karya Ilmiah Fikom Unisba. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Montoya, Peter & Tim Vandehey. 2008. The Brand Called You. New York: Mc Graw Hill.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama media.

Nurudin, 2011. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rakhmat, Jallaludin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumber lain:

https://id.wikipedia.org/wiki/Snapchat diakses pada minggu, 7 Februari2016 pukul 21.46

http://www.seoterpadu.com/2015/05/media-sosial-dengan-jumlah-pengguna-terbanyak.html diakses pada Jumat, 5 Februari 2016 pukul 18.07

Kompasiana, (http://www.kompasiana.com/anjas_021/inilah-rahasia-snapchat-digandrungi-kalangan-remaja_561cd562319373c0098b4567 diunduh tanggal 9 Maret 2016 pukul 11.43)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4698

Flag Counter   Â