Strategi Rebranding Operator Telekomunikasi Seluler

Ria Rosa Alsani, Nurrahmawati Nurahmawati

Abstract


Abstract.This research entitled "Rebranding Strategy Cellular Telecommunication Operator (A Case Study on Indosat Company Transformation into Indosat Ooredoo)". The purpose of this study was to determine the reason for the rebranding, forms of rebranding, rebranding media selection, and promotion of rebranding company Indosat Ooredoo. The method used in this study is a qualitative research method with a case study approach which aims to provide clear and detailed picture of the rebranding strategy undertaken by the company Indosat Ooredoo. Data collection techniques are using interview techniques, documentation, library and internet research. The research subject of this research is Marketing Communications of Indosat Ooredoo West Java area as key informants and Marketing Communication of Indosat Ooredoo Bandung area, a representative of Indosat Ooredoo distributors, representatives of the community and loyal users of Indosat Ooredoo products. Objects that were examined in this study is the strategy of company rebranding from Indosat to Indosat Ooredoo. Validity test of the data in this study using triangulation sources, by matching the result of interviews with another sources. The theory used in this study is Rebranding Strategy by Muzellec et.al. The result of this study is that rebranding strategy used by the Indosat Ooredoo changes in the coompany’s name, logo design changes, changes in the company’s new position, changes to data networks and customer service, as well as changes in products and fokus on product packaging.

Abstrak.Skripsi ini berjudul “Strategi Rebranding Operator Telekomunikasi Seluler (Studi Kasus mengenai perubahan Perusahaan Indosat menjadi Perusahaan Indosat Ooredoo)â€. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui alasan dilakukannya rebranding, bentuk-bentuk rebranding, pemilihan media rebranding, serta promosi rebranding yang dilakukan perusahaan Indosat Ooredoo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk memberikan gambaran jelas dan terperinci mengenai strategi rebranding yang dilakukan oleh perusahaan Indosat Ooredoo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, studi kepustakaan dan internet. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah Marketing Komunikasi Indosat area Jawa Barat sebagai key informan dan Marketing Komunikasi Indosat area Bandung, perwakilan dari distributor perusahaan Indosat Ooredoo, perwakilan dari komunitas dan pengguna setia produk perusahaan Indosat Ooredoo. Objek yang dikaji dalam penelitian ini adalah strategi rebranding perusahaan Indosat Ooredoo. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, dengan mencocokkan hasil wawancara dengan sumber-sumber yang laiinya. Teori dalam penelitian ini menggunakan Strategi Rebranding menurut Muzellec et.al.Adapun hasil dari penelitian ini adalah strategi rebranding yang digunakan perusahaan Indosat Ooredoo adalah perubahan pada nama perusahaan, perubahan pada desain logo, perubahan posisi baru perusahaan, relaunch, perubahan jaringan data dan layanan pelanggan serta perubahan pada fokus produk dan pada kemasan produk


Keywords


Rebranding Strategy, Brand, Indosat Ooredoo.

References


Moleong, J. Lexy. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakary Offset.

Robert, K. Yin. 2015. Studi Kasus : Desain dan Metode. Jakarta. PT Raja Grafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4620

Flag Counter   Â