Strategi Media Relations Humas Polda Jawa Barat dalam Menghadapi Krisis pada Kasus Terorisme di Jawa Barat

Rina Tri Arumsari, Ani Yuningsih

Abstract


Abstract.Indonesia is a country that has a rich diversity of cultures, language, race, ethnic also religion which spread from Sabang to Merauke. However many challenges and distractions that threaten it. One of that distractions is the crisis of terrorism. West Java Regional Police as the organizer of public peaceful and neatness in the province, have a very important role to resolve the case of terrorism. Therefore, Public Relations of West Java Regional Police as the bridge between the institution and their public, have one special method to face a case of terrorism crisis through media relations strategy. The purpose of this research are to knowing how measure of West Java Regional Police Public Relations socialization to face a case of terrorism crisis in West Java, to knowing what media relations method that their used, and to knowing how the establishment media or media mapping as their partner. The method used in this research is qualitative with case study approach and data collection techniques which the writer used by observation, interview with informants and documentation. Based on result of this research, there is three conclusions that can be drawn are as follows:1)West Java Regional Police Public Relations implemented socializating prevention of terrorism by deradicalisation for high school students, communities and citizen organizations assisted by Resort Police with the purpose to educate, persuade and create collaboration with public.2)The media relations method chosen were made two teams to find and process a news and the other team to publish the news. Conducting press releases, press statements, special events, and press interviews. By information content used 5w+1h formulation, news will be published to print and electronic mass media in local, regional and national scope. The technique selected in spreading the news is an informative technique. 3)Media mapping procedure as West Java Regional Police Public Relations partner is by establish a working group of journalist that called “Pokja Wartawan Polda Jabarâ€, with 58 members of print, electronic and online media from local, regional and national scope. The routine activities performed are press statements, press releases, press conferences, press luncheons and media visits. And the incidental activities are press interviews and special events.

Abstrak.Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan ragam budaya, bahasa, ras, suku juga agama yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Namun, banyak tantangan dan gangguan yang mengancamnya, salah satunya adalah krisis terorisme. Polda Jawa Barat sebagai penyelenggara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah provinsi, memiliki peran yang sangat penting dalam menuntaskan kasus terorisme. Untuk itu, humas Polda Jawa Barat sebagai jembatan antara instansi dan publiknya, memiliki metode khusus dalam menghadapi krisis pada kasus terorisme, yakni melalui strategi media relations.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah sosialisasi humas Polda Jawa Barat dalam menghadapi krisis pada kasus terorisme di Jawa Barat, mengetahui metode komunikasi media relations yang digunakan, juga untuk mengetahui prosedur penetapan media sebagai partner/mitra. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara dengan narasumber, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diambil tiga kesimpulan sebagai berikut: 1)Humas Polda Jabar melakukan sosialisasi pencegahan aksi terorisme dengan deradikalisasi, yang ditujukan kepada murid-murid sekolah, komunitas-komunitas, dan ormas-ormas, yang dibantu oleh Polres-Polres untuk tujuan mengedukasi, mempersuasi dan menjalin kerja sama. 2)Metode komunikasi media relations yang dipilih adalah dengan membentuk tim pencari & pengolah berita dan tim penyebar berita. Melaksanakan kegiatan press release, press statement, special event, dan wawancara pers. Dengan konten informasi berformulasi 5w+1h berupa fakta, berita disampaikan ke media massa massa cetak dan elektronik, baik lokal, regional maupun nasional. Teknik yang dipilih dalam menyebarkan berita adalah teknik informatif. 3)Prosedur penetapan media sebagai mitra/partner adalah dengan membentuk Pokja (Kelompok Kerja) Wartawan Polda Jabar, yang terdiri dari 58 anggota dari jenis media cetak, elektronik, on-line dari lokal, regional dan nasional. Kegiatan rutin yang dilakukan adalah siaran pers, keterangan pers, konferensi pers, jamuan pers dan kunjungan ke redaksi media. Kegiatan insidentalnya adalah wawancara pers dan special event.


Keywords


Public Relations, Media Relations Strategy, West Java Regional Police, Crisis Management, Terrorism

References


Ruslan, Rosady. 1994. Praktik dan Solusi Public Relations dalam Situasi Krisis dan Pemulihan Citra. Jakarta: Ghalia Indonesia.

_____________ 2008. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers

Soemirat, Soleh, Elvinaro Ardianto. 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Cetakan ke-6. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yulianita, Neni. 2003. Dasar-Dasar Public Relations. Cetakan ke-4. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas (P2U)

Undang-Undang RI No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara. 2003. Sinar Grafika.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2013 Tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme. www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2013_9.pdf. (diakses 9 Mei 2016, pkl 00.16)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4588

Flag Counter   Â