Hubungan antara Tingkat Kualitas Pelayanan JNE Cabang Soekarno Hatta Bandung dengan Tingkat Kepuasan Pelanggan

Dheny Rafliandhys, Maya Amalia Oesman

Abstract


Abstract.The era of globalization, requires private companies to improve services in a professional manner in accordance with their respective fields. Changes in technology and information flows very quickly have prompted the company to produce products or services that can meet the needs and desires of consumers, so that consumers feel satisfied with what they get from the company. Currently the company that sells services is growing rapidly especially in the field of logistics. Jalur Nugraha Ekakurir, commonly known by JNE is one company that is engaged in forwarding and logistics services. In this study the researchers choose JNE Branch Soekarno Hatta Bandung as research objects. Service Quality is an aspect that will determine whether or not a customer satisfied. Recognizing the importance of it here researchers interested in formulating research problems with the title "The relationship between the level of Service Quality JNE Branch Soekarno Hatta Bandung with the level of Customer Satisfaction" This study uses the theory of service quality and customer satisfaction theory. Researchers here using quantitative paradigm and the correlation method. The population in this study are customers in JNE Soekarno Hatta Bandung Branch. Data collection techniques in this study using questionnaires and interviews. Data analysis techniques used in this study is a data analysis technique Rank Spearman correlation. Validity testing using test correlated items. The study states, the hypothesis is accepted because the value t is greater than the value t table, in addition to the probability value is less than alpha, p <0.01 (0.000 <0.0). This means that there is a significant relationship between the level of quality of service JNE Branch Soekarno Hatta Bandung with the level of customer satisfaction. In conclusion, the theory applied in this study proved and showed that the five aspects of service quality provided by JNE branch Soekarno Hatta Bandung can create satisfaction to its customers. Researchers hope that there will be further research that examines this issue further and more deeply about the relationship between the level of service quality to customer satisfaction levels.

Abstrak.Era globalisasi sekarang ini, menuntut perusahaan-perusahaan swasta untuk meningkatkan pelayanan secara profesional sesuai dengan bidangnya masing-masing. Perubahan teknologi dan arus informasi yang sangat cepat telah mendorong perusahaan untuk menghasilkan produk atau layanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga konsumen merasa puas dengan apa yang telah mereka dapatkan dari perusahaan. Saat ini perusahaan yang menjual jasa sedang berkembang pesat apalagi di bidang logistik. Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa dikenal dengan JNE merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman logistik. Pada penelitian ini peneliti memilih JNE Cabang Soekarno Hatta Bandung sebagai objek penelitian. Kualitas pelayanan merupakan aspek yang sangat menentukan puas atau tidaknya seorang pelanggan. Menyadari akan pentingnya hal itu disini peneliti tertarik untuk merumuskan masalah penelitian dengan judul “ Hubungan antara Tingkat Kualitas Pelayanan JNE Cabang Soekarno Hatta Bandung dengan Tingkat Kepuasan Pelanggan â€.Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan dan teori kepuasan pelanggan. Peneliti disini menggunakan paradigma kuantitatif dan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan di JNE Cabang Soekarno Hatta Bandung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data korelasi Rank Spearman. Pengujian validitasnya menggunakan uji correlated item. Hasil penelitian menyatakan, hipotesis diterima karena nilai t hitung lebih besar daripada nilai t table, selain itu nilai probabilitasnya lebih kecil dari alfa, p <0,01 (0,000<0,0). Artinya ada hubungan yang signifikan antara tingkat kualitas pelayanan JNE Cabang Soekarno Hatta Bandung dengan tingkat kepuasan pelanggan. Kesimpulannya, teori yang diterapkan dalam penelitian ini terbukti dan menunjukkan bahwa kelima aspek dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh JNE Cabang Soekarno Hatta Bandung dapat menciptakan kepuasan pada pelanggannya. Besar harapan peneliti agar akan ada peneliti selanjutnya yang mengkaji masalah ini lebih jauh dan lebih dalam lagi mengenai hubungan antara tingkat kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pelanggan.

 


Keywords


Correlational Study , Service Quality , Customer Satisfactio

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Yogyakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodelogi penelitian, Yogyakarta: Bina Aksara.

Bajari, Atwar. 2015. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung:Simbiosa Rekatama Media.

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Human Relations & Public Relations. Bandung : Mandar Maju

Estaswara, Helpris. 2010. Stakeholder Relations. Jakarta: Universitas Pancasila

F. D. Hobbs. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu-lintas, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Irawan, Handi, 2005, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Cetakan Kelima, Jakarta: PT. Elex Media Komputindio.

Jefkins, Franks. 1998. Public Relations. Edisi ke 5. Jakarta: Erlangga.

Devito, Joseph, 2011. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang: KARISMA Publishing Group.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ke dua belas, Jilid1,Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi duabelas, Jilid1, Ahli Bahasa Bob Sabran,Jakarta: Erlangga.

Mcleod, Raymond, 2001, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta: PT. Prenhallindo

Mowen, John, C dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga

Nitisemito, Alex, S. 2002, Manajemen Personalia. Edisi Revisi, Jakarta: Ghalia

Indonesia.

Rumanti, Maria Assumpta. 2005. Dasar-dasar Public Relations : Teori dan Praktik. Jakarta : Grasindo

Ruslan, Rosadi.2013. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Soehartono, Irawan . 2004. Metode Penelitian Sosial, Bandung: PT.Remaja rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan ke- 17,Bandung: Alfabeta.

Suhandang, Kustadi. 2004. Public Relation Perusahaan. Bandung : Nuansa

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya,Jakarta:Bumi Aksara.

Sunarto. 2006. Pengantar Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: UST Press.

Supranto, J. 2001. Statistik Teori dan Aplikasi, Cetakan Kedua, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa, Edisi Kedua, Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Umar, Husein. 2000. Research Methods in Finance and Banking. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Widi, Restu Kartiko. 2010. Asas Metodologi Penelitian,Yogyakarta: Graha Ilmu.

SUMBER LAIN :

http://arti-definisi-pengertian.info/komunikasi-menurut-pemikiran-stephen-littlejohn/ diakses pada tanggal 27 April 2016 pada pukul 22:22 WIB

http://definisipengertian.net/pengertian-populasi-definisi-sample-teknik-sampling/ Di akses pada tanggal 25 Maret 2016 pukul 19:00 WIB.

http://glosarium.org/arti/?k=rekomendasi diakses pada hari Rabu tanggal 8 Juni 2016 pada pukul 07:56 WIB

http://marketing-teori.blogspot.co.id/2007/04/loyalitas-pelanggan.html diakses pada hari Rabu tanggal 8 Juni 2016 pada pukul 01:16

http://www.ciputra-uceo.net/blog/2015/7/7/pengertian-pelayanan-prima diakses pada hari Senin tanggal 6 Mei 2016 pukul 20:17 WIB

http://www.kajianpustaka.com/2013/04/kualitas-pelayanan-pelanggan.html diakses pada tanggal 9 Maret 2016 pada pukul 14:00 WIB

http://www.kajianpustaka.com/2013/06/harapan-dan-kepuasan-pelanggan.html diakses pada hari Selasa tanggal 7 Juni 2016 pada pukul 23:34 WIB

www.jne.co.id/corporate.php diakses pada hari rabu tanggal 9 Maret 2016 pukul 12:00 WIB

http://www.marketing.co.id/10-prinsip-layanan-pelanggan-memuaskan/ diakses pada hari Senin tanggal 6 Juni 2016 pukul 20:53 WIB

http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2015/02/22/148350/mengantisipasi-kesalahan-kesalahan-di-kantor/#.V1UuFfl97IU diakses pada hari Senin tanggal 6 Juni 2016 pukul 15:05 WIB

http://www.nuraminsaleh.com/2013/01/pengertian-rasa-aman-menurut-para-ahli.html diakses pada hari Selasa tanggal 7 Juni 2016 pada pukul 21:43WIB

http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-manajemen-waktu-dan-menurut-para-ahli.html diakses pada hari Selasa tanggal 7 Juni 2016 pada pukul 23:16 WIB

http://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-fasilitas/ diakses pada hari Rabu tanggal 8 Juni 2016 pada pukul 00:36 WIB

http://www.seputarpendidikan.com/2015/11/pengertian-teori-komunikasi-dan-macamnya-menurut-para-ahli.html diakses pada tanggal 27 April 2016 pada pukul 22:22 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4474

Flag Counter   Â