Peran Taman Tematik dalam Meningkatkan Citra Kota Bandung terhadap Minat Wisatawan Domestik

Lugi Wonosetiko Putro, Oji Kurniadi

Abstract


Abstract.Many tourists who come to Bandung make the government must work harder to come up with unusual or unique ideas, because people in this era will be easily interested in something that unique. Then comes out Theme Parks, with a variety of  interesting theme and the artistic atmosphere. Tourist attractions with a cheap and cool place can make a special attraction for tourists. This research uses quantitative method with descriptive approach. The objective of this research is to improving the image of Bandung with the establishment of Kandaga Pustaka Bunga park based on three aspects of the image of the city according to Kevin Lynch, which includes Identity, Structure and Meaning.

Abstrak.Banyaknya wisatawan yang datang ke kota Bandung membuat Pemerintah harus lebih bekerja keras untuk membuat ide-ide yang tidak biasa atau unik, karena masyarakat pada masa ini akan cepat tertarik bila ada sesuatu yang unik. Dibuatlah Taman Tematik, dengan beragam tema yang menarik serta suasana yang artistik. Tempat wisata  yang murah meriah dan juga tempatnya yang sejuk ternyata membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan citra Kota Bandung dengan dibuatnya Taman Kandaga Pustaka Bunga berdasarkan tiga aspek sebuah citra lingkungan kota menurut Kevin Lynch yaitu meliputi Identitas, Struktur, dan Makna.


Keywords


Public Relations, The Image of City, Identity, Structure, Meaning

References


Abin Syamsuddin, Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya Remaja.

Amor Patria, Teguh. 2014. Telusur Bandung. Jakarta: PT. Elex Media Kumputindo.

Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Goleman, Daniel. 2002. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Harrison, Shirley. 2004. Marketers Guide To Public relations. New York: John. Willwy And Sons. Inc.

Istijanto. 2006. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kusumaningrum, Dian. Persepsi Wisatawan Nusantara. 2009. Kajian Pariwisata: Universitas Gadjah Mada.

Laurie, M. 1986. Pengantar Kepada Arsitektur Pertamanan. Intermatra. Bandung.

Lynch, Kevin. 1982. The Image Of The City. London : Massachusets Institute of Technology.

Mulyandari Hestin. 1993. Kota Berwawasan Lingkungan. Yogyakarta: C.V Andy Offset.

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moekijat. 1993. Teori Komunikasi. Bandung: Mandar Maju.

Pendit, Nyoman S. 1999. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Rakhmat, Jallaludin. 1986. Teori-teori Komunikasi. Bandung: Remadja Karya Offset.

Sabari Yunus, Hadi. 2002. Struktur Tata Ruang Kota. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soemirat, Soleh & Ardianto, Elvinaro. 2007. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Rosdakarya.

Stephen W. Littlejohn dan Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Suharnan. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.

Warpani, Suwardjoko. 2007. Pariwisata Dalam Tata Ruang Wilayah. Bandung: ITB.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Universitas (P2U).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4458

Flag Counter   Â