STRATEGI KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN DIREKTUR UTAMA PT. MQTV DALAM MEMBANGUN PROFESIONALITAS DAN SPIRITUALITAS RELIGIUS

Annisa Selfi, Dadan Mulyana

Abstract


Abstrak. Kesuksesan suatu lembaga perusahaan sering dikaitkan dengan pemimpinnya, pemimpin yang baik akan membawa kebaiakan kepada karyawannya dan sebaliknya. Pimpinan PT. MQTV membuat strategi-strategi komunikasi yang diterapkan diperusahaanya dalam membangun profesionalitas kerja karyawan dan juga spiritualitas karyawan, dari segi strategi pesan komunikasinya dan strategi media komunikasi yang digunakan dalam berkomunikasi antara pimpinan dan karyawan di PT. MQTV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi-strategi komunikasi kepemimpinan dilihat dari strategi pesan komunikasi dan strategi media komuniasi yang digunakan oleh pimpinan PT. MQTV. Dalam penelitian ini,  teori yang digunakan adalah teori Path-Goal. Peneliti menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah direktur utama PT. MQTV yaitu Bapak Eka Budiman Sumadji selaku direktur utama PT. MQTV. Hasil penelitian ini menjelaskan strategi pesan komunikasi yang dilakukan bapak Eka Budiman Sumadji ysitu dengan cara mengumpulkan pesan melalui beberapa media, mengolah pesan, menyampaikan pesan, dan evaluasi pesan adapun strategi media komunikasi yang digunakan bapak Eka Budiman Sumadji adalah dengan pemilihan media, alasan menggunakan media, dan evaluasi efektifitas media.

Keywords


kepemimpinan, profesionalitas, spiritualitas

References


Safaria, Triantoro. 2004. Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soehartono, Irwan. 2004. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.

YIN, Robert K. 2014. Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: Rjawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.415

Flag Counter   Â