Analisis SWOT Program 'Night at the Museum' Museum Geologi

Zahra Riadhyna Putri, Teguh Ratmanto

Abstract


Abstract.This theses is entitled “S.W.O.T Analysis of ‘Night at the Museum’ program at Geological Museumâ€, in accordance with the proposed topic of research, that museum functions as a public space with the capacity to draw public enthusiasm onto the museum. Some of the projects is the Geological Museum which has promoted the ‘Night at the Museum’ program.The ‘Night at the Museum’ is an monthly event hosted for the public, in which the Geological Museum is opened in the evening. During the grand opening, there were 2000 visitors present for the event. However, the figure has declined considerably within 6 months of its progress. As such, the issue has attracted researcher to construct a research topic of  “S.W.O.T Analysis of ‘Night at the Museum program at the Geological Museum’.The purpose of this research is to identify the strength, weakness, threat and opportunities of the ‘Night at the Museum’ program and strategies applicable to the Geological Museum in order to mitigate the weakness and threat arising of the program. Furthermore, this research applies a descriptive method intended todesign and elaborate the researched phenomenon without conducting hypothesis. On the other hand, the data intended to support this research is derived from interview, observation and literature research. The main issue from the internal department in executing the program is the lack of human resources and financial source which inhibits the performance of the program.  Additionally, the most visible part of external analysis was the sharp decline of public interest from between the grand opening and 2 months after the execution of the program. Such issue may be mitigated by responding to opportunities from stakeholder which is currently partnering with the management of Geological Museum. As a result, S.W.O.T analysis is expected to present strategies to minimize the weakness and strength by maximizing the strength and opportunities.

Abstrak.Skripsi ini berjudul “Analisis S.W.O.T Program ‘Night at the Museum’ di Museum Geologiâ€, sesuai dengan pokok permasalahan yang diangkat, yaitu museum yang memiliki fungsi sebagai ruang publik untuk masyarakat menjadikan beberapa museum yang ada di Indonesia membuat program-program yang dapat menarik antusiasme masyarakat untuk berkunjung ke Museum. Salah satunya adalah Museum Geologi yang membuat program ‘Night at the Museum’. Program ‘Night at the Museum’ ini merupakan event untuk masyarakat  yang diadakan tiap bulannya dimana Museum Geologi dibuka pada malam hari. Pada awal pembukaan program ini, masyarakat yang hadir adalah 2000 orang, namun setelah 6 bulan berjalannya program ini masyarakat yang hadir mengalami penurunan. Hal inilah yang menarik minat peneliti untuk melihat “Bagaimana Analisis S.W.O.T Program ‘Night at the Museum’ di Museum Geologi?â€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang yang ada dari program ‘Night at the Museum’ serta strategi yang dapat diterapkan oleh Museum Geologi untuk mengatasi kelemahan dan ancaman yang ada dari program ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan fenomena yang diteliti tanpa melakukan hipotesis. Sedangkan data untuk menunjang penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan kepustakaan. Kendala utama dari bagian internal dalam penyelenggaraan program tersebut adalah kuantitas sumber daya manusianya yang terbatas juga sumber daya fnansialnya yang dirasa kurang sehingga program ini terkadang berjalan seadanya. Dari bagian eksternal yang paling menonjol adalah menurunnya minat masyarakat yang dapat dilihat dari jumlah pengunjung yang sangat jauh berbeda dari saat pembukaan dan 2 bulan pertama pelaksanaan program. Kendala diatas dapat diminimalisisr dengan memanfaatkan peluang dari stakeholder yang membangun kerjasama dengan pihak Museum Geologi. Namun diharapkan dengan analisis SWOT akan didapat berbagai strategi untuk meminimalisir kelemahan dan ancaman dengan memaksimalkan kekuatan dan peluang.


Keywords


S.W.O.T Analysis, ‘Night at the Museum’ Program, Geological Museum of Bandung

References


Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Cetakan Ketiga. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cutlip, Center dan Broom. 2005. Effective Public Relations. Jakarta: PT INDEKS Kelompok Gramedia.

Iriantara, Yosal. 2003. Manajemen Strategis Public Relations. Bandung: PT Ghalia Indonesia.

Rangkuti, Freddy. 2015. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Cetakan Keduapuluh satu. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan, Rosady. 1998 . Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Soemirat dan Ardianto. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbit Unisba.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4143

Flag Counter   Â