PERENCANAAN KOMUNIKASI BANK MANDIRI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH

Irza Darini Paramitha

Abstract


Abstract. The research is called “Communication Planning of Bank Mandiri in Order to Increase Customer Satisfactionâ€. The research was conducted in Bank mandiri Cabang Simpang Tiga Tarakan. The purpose of this research is PR defines a problem, planning and programming, take action and communication, and evaluation program conducted by Bank Mandiri Cabang Simpang Tiga Tarakan in Order to Increase Customer Satisfaction. In this research using quantitative descriptive. Data collection by giving questionnaires to respondents who are all employees of the Bank Mandiri Cabang Simpang Tiga Tarakan, interviews with key informant who has authority to provide information about Bank Mandiri Cabang Simpang Tiga Tarakan along with communication planning, observation of the working environment in Bank Mandiri Cabang Simpang Tiga Tarakan, and literature study on matters relating to research. By using the analysis model of communication planning Cutlip, Center, and Broom, authors can take a conclusion that the overall planning of communication has been excellent. Starting from the defining issue of PR, planning and programming, taking action communication, and evaluation the program of Bank Branch Simpang Tiga Tarakan. However, the authors suggest that the formation of the team should be reduced. The formation of the team is good, because the teams were formed to focus on the problems that occur. But it can also cause confusion and will make the employee forget their duties also because of the many teams, and in each team has a different employee roles.

 

Keywords : Bank, Communication Planning, Descriptive

 

Abstrak. Skripsi ini berjudul “Perencanaan Komunikasi Bank Mandiri Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Nasabahâ€. Penelitian ini dilakukan di Bank Mandiri Cabang Simpang Tiga Tarakan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendefinisikan masalah PR, perencanaan dan pemrograman, mengambil tindakan dan komunikasi, serta evaluasi program yang dilakukan Bank Mandiri Cabang Simpang Tiga Tarakan dalam upaya meningkatkan kepuasan nasabah. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan memberikan angket kepada responden yang merupakan seluruh pegawai Bank Mandiri Cabang Simpang Tiga Tarakan, wawancara dengan Key Informant yang memiliki wewenang untuk memberikan informasi mengenai Bank Mandiri Cabang Simpang Tiga Tarakan, observasi, dan studi kepustakaan. Dengan analisis menggunakan model perencanaan komunikasi dari Cutlip, Center, dan Broom, maka penulis dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa secara keseluruhan perencanaan komunikasi sudah baik. Dimulai dari mendefinisikan masalah PR, perencanaan dan pemrograman, mengambil tindakan komunikasi, dan evaluasi program dari Bank Mandiri Cabang Simpang Tiga Tarakan. Namun, penulis memberikan saran agar pembentukan tim sebaiknya dikurangi. Pembentukan tim memang baik, karena tim-tim yang dibentuk berfokus pada masalah-masalah yang terjadi. Namun hal ini dapat juga menyebabkan kebingungan dan juga dapat membuat para pegawai lupa tugasnya karena banyaknya tim, serta setiap tim peran pegawai berbeda dari peran pegawai di tim yang lain.

Kata kunci : Bank, Perencanaan Komunikasi, Deskriptif



References


Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan Komunikasi dan Strategi Komunikasi. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada

Cutlip, Scott M., et al. 2011. Effective Public Relations. Cetakan ke-4. Penerjemah : Tri Wibowo. Jakarta : Kencana

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Graha Ilmu

Yulianita, Neni. 2007. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : P2U-LPPM UNISBA

Sumber Lain :

http://www.bankmandiri.co.id/ diunduh 04 Oktober 2014 pukul 8.30 AM

http://tarakankota.go.id/v2/ diunduh 04 Oktober 2014 pukul 8.30 AM




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.414

Flag Counter   Â