Pola Komunikasi Internal Penggiat Bisnis Wanita & Pria dalam Sektor Usaha Kecil dan Menengah
Abstract
Abstract.In the midst of a society that is dynamic and continues to evolve, the role of youth is very important. Nowadays there are so many young people who are unemployed. Data shows that the unemployed with a bachelor title increasing every year. There are also some of them decide to take such a step in order to remain productive, like fosters creative economy industry known as Small and Medium Enterprises (SMEs). For communicators both women and men, the fabric of good communication is essential, especially for those who have made a decision to build and develop a business. In small businesses such as SMEs (Small and Medium Enterprises) internal communication between the leadership and employees becomes important. Gender differences, causing differences in ways of thinking and style of communication. To find it in depth, the researchers raised the issue in a study entitled Patterns of Internal Communications from Business Activists Women & Men in Small and Medium Enterprises Sector. The researcher uses qualitative research, with case study approach. As a result, internal communication patterns of SME business owners 'Wondrouss' focuses on building good relationships in achieving effectiveness. And internal communication patterns of SME business owners 'Neils' focus on building employees with the activities of the company's operations in achieving effectiveness.Â
Abstrak.Di tengah kehidupan masyarakat yang dinamis dan terus berkembang, peran pemuda sangatlah penting. Saat ini masih terdapat banyak pemuda yang mengalami pengangguran. Data di lapangan menunjukkan bahwa pengangguran dengan title sarjana meningkat setiap tahunnya. Ada juga sebagian dari mereka memutuskan untuk mengambil langkah agar tetap produktif seperti, menumbuhkan industri ekonomi kreatif yang dikenal dengan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Bagi pelaku komunikasi baik wanita maupun pria, jalinan komunikasi yang baik sangat diperlukan, terlebih bagi mereka yang telah membuat keputusan untuk membangun serta mengembangkan sebuah bisnis. Dalam lingkup bisnis kecil seperti UKM (Usaha Kecil dan Menengah) komunikasi internal antara pimpinan dengan karyawan menjadi hal yang penting. Perbedaan gender, menyebabkan perbedaan pola berfikir serta gaya berkomunikasi.Untuk menemukan hal tersebut secara mendalam, maka peneliti mengangkat permasalahan ke dalam penelitian yang berjudul Pola Komunikasi Internal Penggiat Bisnis Wanita & Pria dalam Sektor Usaha Kecil dan Menengah. Sebagai pisau bedah, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus.Hasilnya, pola komunikasi internal pemilik bisnis UKM ‘Wondrouss’ menitikberatkan pada hubungan yang dibangun dengan karyawatinya dalam mencapai efektivitas kerja. Dan pola komunikasi internal pemilik bisnis UKM ‘Neils’ menitikberatkan pada pembinaan karyawan dalam melakukan aktivitas operasional perusahaan dalam mencapai efektivitas kerja.Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alo, Liliweri. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. JakartaL Kencana.
Backlund, Philip M. 2004. Reading in Gender Communication. Canada: Wadsworth
Coulmas, Florian. 2005. Sociolinguistics, The Study of Speakers’ Choices. New york: Cambridge University Press.
Effendy, Onong U., 2009. Human Relations dan Public Relations. Bandung: Mandar Maju
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga
Katz, Bernard. 1994. Komunikasi Bisnis Praktis. Jakarta: RT Ikrar Mandiriabadi
Kuntjara, Esther. 2004. Gender, Bahasa dan Kekuasaan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Kuswarno, Engkus. 2011. Etnografi Komunikasi. Bandung: Widya Padjajaran
Kriyantono, Rahmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Lakoff, Robin Tolmach. 2004. Language and Woman's Place: Text and Commentaries (edisi revisi dan diperluas; dieditori oleh Mary Bucholtz). New York: Oxford University Press
Moeliono, Anton., dkk. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Muhammad, Arni. 2008. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyana, Deddy. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2006. Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Yin, Robert K. 2002. Studi Kasus Desain Dan Metode. Jakata: Raja Grafindo Persada.
Yulianita, Neni. 2012. Dasar Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbit Universitas
Jefriando, Maikel. 2015. Banyak Sarjana Jadi Pengangguran di RI. http://finance.detik.com/read/2015/11/05/143436/3063024/4/banyak-sarjana-jadi-pengangguran-di-ri
(diakses 29 Februari 2016, pk. 14.00)
Husein, Imam. 2016. “Muliawan, Desainer Muda yang Karyanya Dipercaya Band Lifehouseâ€. http://www.pontianakpost.com/muliawan-desainer-muda-yang-karyanya-dipercaya-band-lifehouse
(diakses 5 Maret 2016, pk. 18.40)
Kusmiati. 2014. Komunikasi Internal. komunikasi.us/index.php/course/strategic-corporate-communication/2056-komunikasi-internal
(diakses 7 Februari 2016, pk. 16:00)
Maliki, Faisal. 2015. Survei: Masyarakat Negara Berkembang Pesimistis Menatap Masa Depan. http://www.beritasatu.com/ekonomi/316514-survei-masyarakat-negara-berkembang-pesimistis-menatap-masa-depan.html
(diakses 7 Februari 2016, pk. 16:04)
Rai, Ayu. 2011. Ukuran Keberhasilan Komunikasi Bisnis. http://ayuraicommunicators.wordpress.com/2011/04/29/ukuran-keberhasilan-komunikasi-bisnis/
(diakses 17 Mei 2016, pk. 11.00)
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4103
  Â