Strategi Manajemen Public Relations PDAM Tirta Wening kota Bandung

Nadya Maulidina, Husen Fahmi

Abstract


Abstract.The research heads for knowing the cause of water crisis, and how strategy of management crisis of public relations PDAM Tirtawening Bandung in confronting it. The research explains the obstructions and supports fronted by PDAM Tirta Wening Bandung and the steps done by PDAM Tirta Wening Bandung in confronting the crisis of the company. The research uses qualitative research method passing through approaching case study. Using interview, documentation, divining manual study and internet as data accumulation technique, which supporting the research and relating to the research. Subject in the research is Humas PDAM Tirta Wening Bandung as source of primer data. In the research the steps carried out by PDAM Tirta Wening Bandung are the carried out-efforts in order to contend the crisis. Supporting theories in the research are cause factor of crisis, relation management theory, and strategy of management crisis. Based on the result of the research found that the cause factor of the crisis is dry season. The internal obstructions and supports come from materials, devices, and employees. Then the external obstructions and supports come from devices, societies, and organizations. The steps in strategy of management crisis carried out by PDAM Tirta Wening Bandung are range research, coordination then realization of the program and last is evaluation as reference for carrying some actions out later.

Abstrak.Penelitian ini betujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya krisis air, serta bagaimana strategi manajemen krisis Public Relations PDAM Tirta Wening Kota Bandung dalam menghadapi krisis air mengenai informasi krisis air. Penelitian ini menjelaskan hambatan dan dukungan yang dihadapi oleh PDAM Tirta Wening kota Bandung serta tahapan apa saja yang di lakukan PDAM Tirta Wening kota Bandung dalam menghadapi krisis yang melanda perusahaan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Menggunakan  wawancara,  studi litelatur, dokumentasi serta internet. Sebagai teknik pengumpulan data, yang mendukung penelitian serta berhubungan dengan penelitian. Subjek dalam penelitian ini merupakan Humas PDAM Tirta Wening Kota Bandung yang menjadi sumber data primer. Dalam penelitian ini tahapan yang dilakukan PDAM Tirta Wening Kota Bandung merupakan upaya yang dilakukan agar krisis yang terjadi bisa teratasi. Teori pendukung dalam penelitian ini adalah faktor penyebab krisis, teori manajemen hubungan serta strategi manajemen krisis.Berdasarkan penelitian, hasil yang ditemukan faktor terjadinya krisis karena musim kemarau yang melanda. Hambatan serta dukungan internal berasal dari bahan, alat, serta karyawan. Adapun hambatan dan dukungan pihak eksternal adalah alat, masyarakat dan organisasi. Tahapan dalam strategi manajemen krisis yang dilakukan PDAM Tirta Wening kota Bandung yaitu : Riset lapangan, kordinasi, selanjutnya pelaksanaan program dan terakhir adalah evaluasi sebagai acuan untuk tindakan yang dilakukan kedepannya.



Keywords


public relations, crisis, management crisis

References


Ardianto, Soleh Soemirat. 2002. Dasar-dasar Public Relations. Cet.Pertama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy, 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja

Rosdakarya

Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relatons Bagaimana PR Menangani Krisis

Perusahaan Jakarta: Raja Grafindo Persada

Robert, K. Yin. 2015. Studi Kasus : Desain dan Metode. Jakarta. PT Raja Grafindo

Ruslan Rosady. 1995. Praktik dan Solusi Public Relations dalam Situasi Krisis

dan Pemulihan Citra. Jakarta. Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4077

Flag Counter   Â