Hubungan Antara Sosialisasi Layanan E-filing Pajak dengan Pengetahuan Wajib Pajak Terhadap Layanan E-Filing

Tari Permata Sari

Abstract


Abstract. Purwakarta Tax Office is the goverment that serves public interest by the priority of excellent. Directorate general of tax ad done an innovation in taxation to provide services in delivering a notice to the taxpayer electronically. The Services was introduced by the Directorate General of taxes through socialization. Based on that, the author conducted a study an title “The Relationship Between Socialization of Tax Filing Electronic Service and Taxpayer Knowladge Of The Filing Electronic.†The research purpose is to know whether there is relationship between source credibility activities of socialization filing electronic service and the taxpayer knowledge of the filing electronic, and to know the relationship between message content of socialization filing electronic service and the taxpayer knowledge of the filing electronic. The research showad that there ware having relationship between the two aspects of the study.
Keywords: Relationship, filing electronic socialization, Taxpayer Knowledge

Abstrak. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwakarta adalah Instansi yang melayani kepentingan publik dengan mengutamakan pelayanan prima. Direktorat Jendral pajak telah melakukan suatu inovasi dalam perpajakan dengan memberikan layanan dalam penyampaian surat pemberitahuan kepada wajib pajak dengan mudah. Layanan tersebut di dikenalkan Direktorat Jendral Pajak melalui Sosialisasi. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan judul “Hubungan antara sosialisasi layanan e-filing pajak dengan pengetahuan wajib pajak terhadap layanan e-filing.†Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kredibilitas komunikator kegiatan sosialisasi layanan e-filing pajak dengan pengetahuan wajib pajak terhadap layanan e-filing dan untuk mengetahui hubungan antara isi pesan sosialisasi layanan e-filing pajak dengan pengetahuan wajib pajak terhadap layanan e-filing. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan antara kedua aspek yang di teliti tersebut.
Kata kunci : Hubungan, Sosialisasi E-Filing, Pengetahuan Wajib Pajak

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Metode Penelitian untuk Public relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Azwar, Syaifuddin. 2011. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Edisi ke 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Tan, Alexis. 1981. Mass Communication Theories and Reseacrh. Columbus, Ohio: Grid Publishing, Inc.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.40

Flag Counter   Â