Hubungan antara Tayangan Acara “DR OZ†di Trans TV dengan Pengetahuan Publik Tentang Kesehatan

Eggi Dharmawan, Ani Yuningsih

Abstract


Abstract.The studi entitled “Relations Between Impressions of DR OZ Program on Trans TV with Public Knowledge about Healtiness. The pupose of this study was to determine the relationship between impressions DR OZ program on Trans TV with public knowledge in Cibeunying village, Cimeunyan Subdistrict, Bandung District about healtiness. Where as the object of this study is public knowledge about healt towards DR OZ program on Trans TV.  The method used  is correlational aims to examine the extent to which variation in a factor associated with variations in other factors, while data collection techniques through a questionnaire that has been tested for validity and reliability, literature, observation, and interviews. The population is about 25,000 inhabitants of 6145 heads of families (Source Document village Cibeunying 2015). The sampling technique used is the two-stage cluster sampling technique in which a sample is taken from the existing population as many as 97 heads of households as respondents. Based on the results of statistical calculations using Spearman Rank conclusion that there is a significant relationship between impressions event DR OZ TRANS TV (X) with public knowledge about health (Y), it can be concluded according identifying the problem that there is a significant relationship between impressions event DR OZ TRANS TV with public knowledge about health, there is a significant relationship between material-view event DR OZ TRANS TV with public knowledge about health, there is a significant correlation between the intensity of the display shows DR OZ TRANS TV with public knowledge about health, there is a relationship significant between presentation techniques DR OZ-view event at TRANS TV with public knowledge about health.

Abstrak.Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Tayangan Acara DR OZ di TRANS TV dengan Pengetahuan Publik Tentang Kesehatanâ€. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tayangan acara DR OZ di TRANS TV dengan pengetahuan publik di Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimeunyan Kab. Bandung tentang kesehatan. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengetahuan publik tentang kesehatan terhadap tayangan acara DR OZ di TRANS TV.Metode yang digunakan adalah korelasional yang bertujuan untuk meneliti sejauh mana variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi pada faktor lain, sedangkan teknik pengumpulan data melalui angket yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, kepustakaan, observasi, dan wawancara.Populasi yang diambil adalah sebanyak 25.000 jiwa dari 6145 Kepala keluarga (Sumber Dokumen kelurahan Cibeunying 2015). Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling kluster dua tahap dimana sampel di ambil dari populasi yang ada sebanyak 97 kepala keluarga sebagai responden.Berdasakan hasil perhitungan statistik menggunakan Rank Spearman diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tayangan acara DR OZ di TRANS TV (X) dengan pengetahuan publik tentang kesehatan (Y), maka dapat ditarik kesimpulan sesuai identifikasi masalah yaitu terdapat hubungan yang bermakna antara tayangan acara DR OZ di TRANS TV dengan pengetahuan publik tentang kesehatan,  terdapat hubungan yang bermakna antara materi tayangan acara DR OZ di TRANS TV dengan pengetahuan publik tentang kesehatan, terdapat hubungan yang bermakna antara intensitas tayangan acara DR OZ di TRANS TV dengan pengetahuan publik tentang kesehatan, terdapat hubungan yang bermakna antara teknik penyajian tayangan acara DR OZ di TRANS TV dengan pengetahuan publik tentang kesehatan.


Keywords


Intensity , Content , Presentation Techniques , Health Sciences.

References


Mulyana, Deddy.2011 Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Effendy, Onong Uchjana, 1993. Ilmu Teori Dan Filsafat Komunikasi,Bandung : PT. Cita Aditya Bakti. Jakarta : PT. Erlangga

McQuail, Dennis, 2002. Teori Komunikasi Massa, Suatu Pengantar

Wiryanto. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: PT Gramedia. 2000.

Effendy, Onong U. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosda Karya. Bandung: 2006.

Effendy, Onong Uchjana, 2003. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek,Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Kuswandi, Wawan, 1996. Komunikasi Massa, Sebuah Analisis Media Televisi,Jakarta : Penerbit Rineka Cipta

Sumartono, Terperangkap dalam Iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). 2002. Alfabeta: Bandung.

Framanik, Naniek Aprilla. 2012. Komunikasi Persuasi. Kocipta Publishing. Serang.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3917

Flag Counter   Â