Analisis Semiotika Logo Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri)

Friendlyto Harnanto Putra, Teguh Ratmanto

Abstract


Abstract.The awareness of knowledge that everything occurs in social life is often interpretative, symbols that we own and use, whether verbally or non verbally, limiting our capability to interpret and reveal our observation of the surrounding reality to others. A company’ or organization logo represents a vital identity. It became the milestone of the institution’ image upon a person’ first glance. Along the way, Logo has become a part of corporate identity. To a company, changing a logo may become taboo since it involves a shift of history. For the others, logo change is a very interesting media to communicate change. Money Printing Public Company of the Republic of Indonesia/ Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) is a State Owned Enterprise/Badan Usaha Milik Negara (BUMN) which has been entrusted by the government to print out bank notes and mints, secured documents or other non financial securities.  Established on September 51, 1971, Perum Peruri introduced its logo with the purpose of promoting its new identity to the people and the world. This research utilizes qualitative method to seek out the meaning behind the logo of Perum Peruri. The tool of analysis refers to Charles Sanders Pierce semiotic methodology. This method allows the researcher to explore the value behind the printing company’ latest logo by focusing research on icon, index and symbol on the logo. The conclusion of this research presents a description that Perum Peruri has endeavored to display its newest logo in the attempt to represent service excellence in digital printing and also display company existence on an international level.

Abstrak.Kesadaran pengetahuan bahwa segala yang terjadi dalam kehidupan sosial adalah interpretatif, simbol-simbol yang kita miliki dan kita gunakan, baik verbal maupun nonverbal, membatasi kemampuan kita untuk menafsirkan dan mengungkapkan pengamatan kita atas realitas di sekeliling kita kepada orang lain. Logo sebuah perusahaan atau organisasi merupakan identitas penting bagi perusahaan. Logo menjadi titik awal pencitraan lembaga ketika seseorang melihat pertama kali sebuah perusahaan. Logo adalah bagian dari identitas perusahaan. Bagi sebuah perusahaan, perubahan logo menjadi tabu karena menyangkut perubahan histories. Bagi sebagian yang lain, perubahan logo adalah alat yang sangat menarik untuk mengkomunikasikan perubahan. Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipercaya oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk mencetak uang kertas dan uang logam Rupiah serta produk dokumen sekuriti atau kertas berharga non uang lainnya. Didirikan pada tanggal 15 September 1971, pada tanggal 28 Januari 2016 Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) telah mengganti logonya yang bertujuan memperkenalkan identitas baru perusahaan kepada seluruh masyarakat dan dunia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengetahui makna apa saja yang terkandung dalam logo Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri). penelitian mengenai logo tersebut diteliti dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Pierce, dimana dengan metode ini memberikan ruang bagi penulis untuk mengeksplorasi makna yang terkandung dibalik logo terbaru perusahaan percetakan ini dengan meneliti ikon, indeks, dan simbol yang ada pada logo. Bagian akhir dari penelitian ini memberikan  gambaran bahwa Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) berusaha menampilkan logo terbaru untuk mewakili peningkatan pelayanan dalam bidang digital printing dan juga untuk memperlihatkan eksistensi perusahaan dikancah internasional.


Keywords


icon, index, symbol

References


Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Fiske, J. 2004. Cultural and Communication Studies. Jalasutra

Yogyakarta.

Littlejhon, Stephen W. 2009. Teori Komunikasi. Selemba Humanika.

Jakarta

Mulyana, Dedddy, Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya,

Bandung : 2003

Sobur, Alex, 2009. Semiotika Komunikasi, PT .Remaja Rosda Karya

Bandung.

Suprapto, Tommy. 2006. Pengantar Teori Komunikasi. Agromedia Pustaka.

Yogyakarta

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Ghalia Indonesia.

Bogor




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3804

Flag Counter   Â