Konstruksi Citra Universitas Islam Bandung dalam Bingkai Media Terkait Kasus Alumni Universitas Islam Bandung Terduga ISIS

Putri Wulandari, Riza Hernawati

Abstract


Abstract.Media has become a dominant source, not only for get a description and reality image, but also for community collectively. Media present a values and normative judgement that include with news and entertainment. The mass media also used to direct the behavior of public. One of mass media product is news. News is on of communication aspect that has prevalent characteristic to constructed and issue. News can influenced public opinion, such as news about alumni Universitas Islam Bandung who assumed join ISIS. Construction of image caused by people who are in media such, reporter and journalist. Readers, viewers, and listeners will follow and also respond to the news and media frame. Media judge which issue are reported which are not, which are needed and which are not. There is 3 opinion constructed on this research, so ther is 3 kind of reality are exposed. ISIS with educational of Universitas Islam Bandung are very interconnected things. How media construct their news will affected the image of Universitas Islam Bandung. Researcher take some of news of alumni Universitas Islam Bandung who assumed join ISIS from different media. To find out how the image of Universitas Islam Bandung seen form the news construction and analyze by Robert N. Entman concept. Such, Define Problem, Diagnose Cause, Make Moral Judgement, and Treatment Recommendation. Those media construct the news with their own way. But there is no media who over-exposed and make image of Universitas Islam Bandung going bad. And news on Koran Sindo, Pikiran Rakyat, and Republika presenting that image of Universitas Islam Bandung still in good category.

Abstrak.Media telah menjadi sumber yang dominan bukan saja bagi individu untuk memperoleh gambaran dan citra realitas sosial, tetapi juga bagi masyarakat dan kelompok secara kolektif, media menyuguhkan nilai-nilai dan penilaian normatif yang dibaurkan dengan berita dan hiburan. Dimana media massa juga digunakan untuk mengarahkan perilaku publik. Salah satu produk media massa adalah berita. Berita merupakan aspek komunikasi yang memiliki karakteristik yang lazim dalam mengkonstruksi suatu peristiwa.Pemberitaan mengenai instansi yang sedang diterpa masalah pun dapat memengaruhi opini publik, seperti pemberitaan mengenai alumni Universitas Islam Bandung yang diduga bergabung dengan ISIS.Tanpa disadari, konstruksi citra disebabkan oleh orang-orang yang berada dalam redaksi baik wartawan maupun reporter. Pembaca, penonton, dan pendengar akan mengikuti atau menanggapi berita sesuai dengan frame media. Medialah yang menentukan peristiwa yang diberitakan, mana yang perlu dan mana yang tidak.Dengan adanya bentukan opini dari 3 media dalam penelitian ini, maka aka nada 3 realitas yang berbeda pula.ISIS dengan keislaman yang diajarkan Universitas Islam Bandung sangat memiliki keterkaitan. Bagaimana media mengkonstruksi berita mengenai hal itu akan sangat berpengaruh pada citra dari Universitas Islam Bandung. Diambil beberapa berita mengenai alumni Universitas Islam Bandung yang diduga bergabung dengan ISIS dari tiga media yang berbeda, untuk mengetahui bagaimana citra Universitas Islam Bandung dilihat dari konstruksi berita sesuai dengan konsep framing milik Robert N. Entman yaitu dari segi Define Problem, Diagnose Cause, Make Moral Judgement, dan Treatment Recommendation. Ketiga media mengkonstruksi berita dengan caranya masing-masing.Namun tidak ada media yang berlebihan dan terkesan menjatuhkan Universitas Islam Bandung. Maka dari berita yang diterbitkan pada Koran Sindo, Pikiran Rakyat, dan Republika, menyuguhkan bahwa citra Universitas Islam Bandung masih dalam kategori yang baik.


Keywords


Framing, Image, ISIS.

References


Assegaff, Dja’far H. 1985. Jurnalistik Masa Kini : Pengantar ke Praktek Kewartawanan. Bogor : Ghaila Indonesia.

Bungin, Burhan. 2011.Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta : PT. Kencana (Prenada Media Grup)

Eriyanto. 2012. Analisis Framing. Yogyakarta : LKis.

McQuaill, Dennis. 1987. Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3778

Flag Counter   Â