REPRESENTASI SIFAT MANUSIA DI DALAM KARTU TAROT NUSANTARA

Kaisar Rendra Mauldi, Riza Hernawati

Abstract


ABSTRAK

Tarot merupakan gambar-gambar yang dihasilkan berdasarkan hasil dari budaya dan mitologi. Saat ini banyak sekali kartu-kartu tarot yang artistik dan mengangkat berbagai budaya dan mitologi, bahwa budaya dan mitologi mengandung nilai-nilai yang dapat diterapkan untuk kehidupan sehari-hari. Jadi, di sini sebenarnya tarot adalah cermin dari apa yang kita jalani sehari-hari. Semacam cermin yang merefleksikan kembali aspek tertentu dari pengalaman dalam hidup kita. Sehingga hal ini menjadikan tarot menjadi bagian dari sebuah karya seni.

Berangkat dari persoalan tersebut, maka penulis melakukan penelitian mengenai sifat manusia yang terdapat di dalam kartu tarot yang berjudul Representasi Sifat Manusia di Dalam Kartu Tarot Nusantara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi sifat manusia di dalam Kartu Tarot Nusantara. Dengan titik fokus penelitiannya kepada berbagai gambar yang disajikan membahas mengenai sifat di dalam diri manusia

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Selain itu, penulis pun memilih pendekatan semiotika Roland Barthes guna menemukan makna tersembunyi dibalik simbol-simbol yang terdapat dalam beberapa kartu tarot, khususnya dalam kartu Arcana Mayor. Dengan melakukan analisis secara denotatif, konotatif dan mitos.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis memperoleh suatu muatan makna yang berisi tentang sifat dalam diri manusia. Hal ini terlihat dari gambar yang ditampilkan terdapat beberapa makna sifat di dalam diri manusia dalam beberapa kartu tarot tersebut.

 

Kata Kunci: Representasi, Sifat, Tarot


Keywords


Representasi, Sifat, Tarot



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.375

Flag Counter   Â