Aktivitas Komunikasi Pemerintahan Ridwan Kamil di Media Sosial Facebook, Twitter, dan Instagram

Harris Munandar

Abstract


Penelitian ini mengambil judul “Aktivitas Komunikasi Pemerintahan Ridwan Kamil di Media Sosialâ€. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana Ridwan Kamil memanfaatkan media sosial Facebook, Twitter dan Instagram sebagai media komunikasi pemerintahannya terhadap masyarakat Bandung. Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah wawancara, observasi dan studi pustaka. Teori yang digunakan adalah teori kepemimpinan humanistik/populistik dan teori New Media Marshall McLuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi pemerintahan Ridwan Kamil, alasan atau sebab utama menggunakan media sosial dan bagaimana perannya dalam kegiatan sehari-hari Ridwan Kamil sebagai wali kota Bandung. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti, diperoleh kesimpulan bahwa komunikasi pemerintahan yang dijalankan Ridwan Kamil berserta jajaran Pemkot Bandung yaitu memperpendek dan mempermudah alur birokrasi pemerintah yang selama ini biasanya lamban dan berbelit-belit sehingga alur komunikasi berjalan tanpa ada lagi sekat dan pembatas yang terkadang menyulitkan masyarakat untuk lebih di dengarkan oleh pemimpin dan pemerintah mengenai aspirasi dan kebutuhannya. Hasil penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan teori yang telah dijadikan sebagai rujukan oleh peneliti.

Keywords


Komunikasi Pemerintahan, Media sosial, Wali Kota Bandung



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3270

Flag Counter   Â