Public Relations dalam Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Kopi Masa Depan

Ade Saputra, Ayu Rahma Haninda

Abstract


AbstractDrinking coffee is one of the lifestyles of Indonesian people, especially millennials and generation Z. Seeing this phenomenon, and makes this coffee drinking culture a business opportunity in making coffee shops, one of which is Kopi Masa Depan. which is one of the Unit Kegiatan Mahasiswa Interstudi in managing a coffee shop business. In managing a coffee shop business, creative ideas are needed in naming menus that will later be marketed and at affordable prices for students. In this integrated marketing communication, PR activities have an important role in the integrated marketing communication strategy. This integrated marketing communication element is includes Advertising, Direct Marketing, Personal Selling, Sales Promotion, and Public Relations Activities carried out by PR to achieve its goals. This study aims to determine PR in the integrated marketing communication strategy implemented by Kopi Masa Depan. The research approach used is a descriptive qualitative approach. Based on the results of research conducted by means of in-depth interviews with key informants and informants that the existence of the UKM Kopi Masa Depan under the auspices of an educational institution, it is proven that the integrated communication that has been implemented is only integrated in a cross-study. campus ties so that there are not many potential outside consumers because the digital platform used is not optimal, such as the absence of the use of e-commerce apps and only opened when there are campus activities and promotions.

Abstrak. Minum kopi merupakan salah satu gaya hidup masyarakat Indonesia terutama anak muda, generasi millenial dan generasi Z. melihat fenomena ini tentunya menjadikan budaya minum kopi ini sebagai peluang bisnis dalam membuat kedai kopi atau coffee shop salah satunya adalah kedai kopi masa depan yang merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Interstudi dalam mengelola bisnis kedai kopi. Dalam mengelola bisnis kedai kopi, dibutuhkan ide-ide kreatif dalam memberi nama untuk menu yang nantinya akan dipasarkan dan harga yang terjangkau untuk kalangan mahasiswa. Dalam komunikasi pemasaran terpadu bahwa kegiatan PR mempunyai peranan penting dalam strategi komunikasi pemasaran terpadu. Elemen komunikasi pemasaran terpadu ini meliputi Periklanan, Pemasaran Langsung, Penjualan Pribadi, Promosi Penjualan, dan Kegiatan Kehumasan yang dilakukan PR untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Public Relations dalam strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dijalankan oleh kopi masa depan. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap key informan dan informan bahwa keberadaan UKM Kopi Masa Depan yang bernaung dalam lembaga pendidikan terbukti bahwasanya komunikasi terpadu yang sudah dilaksanakan hanya terintegrasi pada suatu ikatan kampus interstudi sehingga belum ada potensi yang banyak untuk ke konsumen luar dikarenakan platform digital yang digunakan belum maksimal seperti belum adanya penggunaan aplikasi e-commerce dan hanya dibuka ketika ada kegiatan kampus dan promosi.


Keywords


Peran Public Relations, Strategi, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Budaya Minum Kopi.

Full Text:

PDF

References


Bhaskara, G. I. (2017). Penggunaan metedologi studi kasus filosofi, metodologi dan metode.

Christine Daymon, I. H. (2008). Metode-metode Riset Kualitatif dalam Public Relationa & Marketing Communicationa.

M.Cutlip, S., & Glen M.Broom, S. A. (2009). Effective PR. Effective PR. Kencana Prenada Media Group.

Sobirin, A. (2016). Organisasi dan Perilaku Organisasi.

Yunus, E. (2016). Buku Manejemen Strategi.

Ag, S. (2011). Strategi komunikasi public relations. Jurnal Sosial Budaya, 8(02), 184–197.

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu: Komunikasi Pemasaran Terpadu: Implementasi Untik UMKM, 8(2), 176–189.

Charmaz, K. (2006). Charmaz_2006 constructing grounded theory (pp. 42–71). pp. 42–71. Retrieved from https://umich.instructure.com/courses/122789/files/4115070/download?verifier=ywZvEyi7E1laJkBqoS4fjN4r0OWijLJgRGVPSfQl&wrap=1

Issn, J. K. (2008). Pendahuluan. 1–13.

Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. D. (2006). Marketing Communication: Taktik dan Strategi. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer, 33–80.

Spradley, J. P. (1997). Metode Etnografi. Icassp, 21(3), 295–316.

Yosep Dwi Kristanto, & Russasmita Sri Padmi. (2020). Analisis Data Kualitatif: Penerapan Analisis Jejaring untuk Analisis Tematik yang Cepat , Transparan , dan Teliti. 1–21. Retrieved from https://files.osf.io/v1/resources/csah6/providers/osfstorage/5f792f5fe64e7e01e9ab1c7f?format=pdf&action=download&direct&version=1

E.Rahmawati. (2018). Metode Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Resva Inggil Kharisma, L. S. W. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU “SALATIGA MOVEMENT (SM)” DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TERHADAP MASYARAKAT SALATIGA.

Rio, H. N. (2019). ANALISIS PROSES INOVASI PADA UKM COFFEE SHOP DI KAWASAN KAMPUS UNIVERSITAS ANDALAS PADANG SUMATERA BARAT (Studi Kasus Pada Dua Pintu Coffee Roastery). Diploma Thesis, Universitas Andalas.

S Wardani, A. W. (2020). Upaya Meningkatan Publisitas Melalui Model Integrated Marketing Comunication Pada Sebuah Rumah Sakit Swasta di Tangerang Selatan.

Terpadu, P., Mahakam, K., River, J., & Mempromosikan, D. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Komunitas Mahakam Jazz River ( Mjr ) Dalam Mempromosikan Musik Jazz Di Kalangan. 4(4), 200–211.

Arkian, M. R. N., Drajat, M. S., & Ahmadi, D. (2018). Peran Public Relations dalam Film Hancock. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 3(2), 145. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.214

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Heriyanto. (2018). Understanding How Australian Researchers Experience Open Access as Part of Their Information Literacy. https://doi.org/10.5204/thesis.eprints.117651

Kitchen, P., & de Pelsmacker, P. (2020). Marketing Public Relations. A Primer for Integrated Marketing Communications, 91–105. https://doi.org/10.4324/9780203502860-11

Krisnayana, R. (2020). Realitas Budaya Ngopi Di Cafe Pada Remaja. Dialektika, 7(1), 51–64. https://doi.org/10.32816/dialektika.v7i1.1423

Papasolomou, I., & Melanthiou, Y. (2012). Social Media: Marketing Public Relations’ New Best Friend. Journal of Promotion Management, 18(3), 319–328. https://doi.org/10.1080/10496491.2012.696458

Safitri, D. (2010). Pendekatan Komunikasi Antar Budaya Pada Public Relations Kompas Gramedia Dalam Membangun Komunikasi Empati. Communications, 3(2), 108–119. Retrieved from https://doi.org/Communications3.2.1

Smith, J. G., & Clark, F. E. (1928). Principles of Marketing. In The Economic Journal (Vol. 38). https://doi.org/10.2307/2224326

Tams, C. J. (2014). Article X. Convention on the Prevention and Punishment of the Crime of Genocide:, 5(March), 388–393. https://doi.org/10.5771/9783845258911_388

Hendrarto, D., & Ruliana, P. (2019). Strategi Public Relations Radio Delta FM Dalam Mempertahankan Pendengar Melalui Media Sosial. Jurnal Komunikasi |, 4(2), 166–178. Retrieved from https://journal.interstudi.edu/index.php/InterKomunika/article/view/337

Maryani, K. D. (2019). PERAN KOMUNITAS ANAK DALAM MENDUKUNG PROGAM KABUPATEN LAYAK ANAK DI KABUPATEN MALANG (Studi Pada Komunitas Omah Sinau di Dusun Ngepeh, Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang). 38–50. Retrieved from https://core.ac.uk/display/200764660?recSetID=%0Ahttp://eprints.umm.ac.id/46318/4/BAB III.pdf

Sari, N., Kania, R., & Framanik, N. A. (2018). Narasi Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Shop “Filosofi Kopi.” 14–16. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&authuser=1&q=NARASI+STRATEGI+KOMUNIKASI+PEMASARAN+COFFEE+SHOP+“FILOSOFI+KOPI”&btnG=

Sri Padmi. (2020). Analisis Data Kualitatif: Penerapan Analisis Jejaring untuk Analisis Tematik yang Cepat , Transparan , dan Teliti. 1–21. Retrieved from https://files.osf.io/v1/resources/csah6/providers/osfstorage/5f792f5fe64e7e01e9ab1c7f?format=pdf&action=download&direct&version=1

Interstudi, F. (2019). Tren! Coffeeshop Menjadi Inovasi Baru Dalam UKM. Retrieved from Medium.com website: https://medium.com/@fotografi.interstudi/trend-coffeeshop-menjadi-inovasi-baru-dalam-ukm-87c9354b3c61

Ricky Santoso & Zeindy Gunawan. (2015). Campus Coffee Hadir di Unika Atma Jaya. Retrieved from https://atmajaya.ac.id/web/Konten.aspx?gid=highlight&cid=campus-coffee-unika-atma-jaya

Wientor Rah Mada. (2020). Bisnis Coffee Shop dan Kopi Kekinian. Retrieved from https://bixbux.com/bisnis-coffee-shop/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31769

Flag Counter   Â