Fenomena Tayangan Korean Waves melalui Youtube dalam Membentuk Gaya Hidup Remaja

Mifta Noer Assyiffa, Eugenius Kau Suni

Abstract


Abstract. Technology and the internet are now considered as the main needs that must be met for teenagers who live in the digital age, they will easily and freely get any information from the internet. The entry of Korean Waves through mass media such as YouTube can raise the possibility of its impact on the lifestyle of teenagers. In this case, fans Korean Wave usually reflect on themselves with their idols. By imitating the language, behavior, habits, and clothes worn by their idols. The purpose of this research is to find out how a Korean Wave show that spreads through YouTube canchange the lifestyle of teenagers. The theory used in this research is Uses and Effect Theory and the method used is a qualitative method with the informant selection technique uses purposive sampling method. The results of this research show that in addition to getting entertainment by watching daily life and variety shows which are the key to the Korean Wave in promoting their culture, teenagers are also slowly starting to have a desire to learn Korean culture, language, and imitate their idol's fashion. By continuing to watch and consume what is presented by Korean Waves at a fairly high intensity, of course this will lead teenagers to the creation of a new lifestyle. This reveals that the media can change something that is in a person, both in terms of knowledge, comprehension, point of view, tastes, moods, behavior, to one's habits.

Abstrak. Teknologi dan internet saat ini sudah dianggap sebagai keperluan utama yang wajib dipenuhi bagi para remaja yang hidup di zaman digital, mereka akan dengan mudah dan leluasa mendapatkan informasi apapun dari internet. Masuknya Korean Waves melalui media massa seperti YouTube ini dapat menimbulkan kemungkinan perihal dampaknya pada gaya hidup remaja. Dalam hal ini, penggemar Korean Waves biasanya merefleksikan diri mereka dengan idolanya. Dengan cara meniru bahasa, perilaku, kebiasaan, dan pakaian yang dikenakan idolanya. Tujuan dari penelitian ini ialah guna mengetahui bagaimana sebuah tayangan Korean Waves yang menyebar melalui YouTube dapat mengubah gaya hidup pada remaja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Uses and Effect Theory dan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pemilihan informan memakai metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa selain mendapatkan hiburan dengan menonton tayangan daily life dan variety show yang merupakan kunci dari Korean Waves dalam mempromosikan budayanya, para remaja juga pelan-pelan mulai memiliki keinginan untuk mempelajari budaya, bahasa Korea, hingga meniru fashion idolanya. Dengan terus menonton dan mengonsumsi apa yang disajikan oleh Korean Waves pada intensitas yang cukup tinggi, tentunya ini akan membawa para remaja pada terciptanya sebuah gaya hidup yang baru. Hal ini menunjukan bahwa media dapat mengubah sesuatu yang ada dalam diri seseorang, baik dari segi pengetahuan, pemahaman, pandangan, selera, suasana hati, tingkah laku, hingga kebiasaan seseorang.


Keywords


Korean Waves, YouTube, Gaya Hidup, Remaja.

Full Text:

PDF

References


Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methode Sourcebook. SAGE Publications.

Afriana, F., Rahayu, A. P., & Agustiningrum, H. (2017). Hierarki Model Pada Tayangan Iklan Youtube. InterKomunika, 2(2), 140–145.

Fiolitha, M. (2020). Peranan Audio visual Dalam Fenomena Hallyu Sebagai Budaya Dan Gaya Hidup Remaja Di Jakarta. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951– 952., 22(2), 184–201.

Kaparang, O. M. (2013). Analisa Gaya Hidup Remaja Dalam Mengimitasi Budaya Pop Korea Melalui Televisi. Journal “Acta Diurna", II(2), 1–15.

Lathifah, I. N., Herman, A., & Yusaputra, M. I. (2018). Pengaruh Mengakses Korean Wave terhadap Perilaku Imitasi Remaja di Kota Palu. 6(2), 111–126.

Putri, K. A., Amirudin, & Purnomo, M. H. (2019). Korean Wave dalam Fanatisme dan Konstruksi Gaya Hidup Generasi Z. 14(1), 125–135.

Riyanto, R. (2017). Efektivitas Media Internet Terhadap Kepuasan Khalayak Media. InterKomunika, 2(1),61. https://doi.org/10.33376/ik.v2i 1.16

Setiawan, R. (2013). Kekuatan New Media Youtube Dalam Membentuk Budaya Populer Di Indonesia (Studi Tentang Menjadi Artis Dadakan Dalam Mengunggah Video Musik Di Youtube). EJournal Ilmu Komunikasi, 1(2), 355–374.

Situmeang, I. V. O. (2015). Pemanfaatan Media Massa Terhadap Hallyu Sebagai Budaya Populer Dan Gaya Hidup Mahasiswa (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia , Jakarta). Jurnal Komunikplogi, 12(1), 1–10.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Swara, E. B. (2014). Membedah Youtube Sebagai New Media. Journal Of The Humanities Of Indonesia, 15(2), 1–16. https://lib.ui.ac.id/detail?id=2 0387224&lokasi=lokal.

Dahono, Y. (2021). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. https://www.beritasatu.com/di gital/733355/data-ini-media sosial-paling-populer-di- indonesia-20202021.

Egsaugm. (2020). Fenomena Korean Wave di Indonesia. Environmental Geography Student Association.

Fatmawati, R. (2009). Akses Informasi Pada Anak dan Remaja. 1–16.

Kemenkes RI. (2017). Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja (Issue Remaja, pp.1–8). https://pusdatin.kemkes.go.id/article/view/15090700003/situ asi-kesehatan-reproduksi- remaja.html

Kumparan. (2017). Fanatisme Fans K- Pop: Candu dan Bumbu Remaja. https://kumparan.com/kumparank-pop/fanatisme-fans-k- pop-candu-dan-bumbu- remaja

Sastro, R. (2015). Media Sosial Vs Media Massa. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/raden12/55188fb6a333117d07 b66464/media-sosial-vs-media-massa

Vebryanti, V. (2020). Peran Media Sosial Terhadap Perkembangan Korean Wave. Kumparan. https://kumparan.com/vivian- vebryanti/peran-media-sosial- terhadap-perkembangan- korean-wave-1us0VCNwzhV




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31766

Flag Counter   Â