Hubungan antara Kegiatan Pelatihan Bisnis Internet Marketing dengan Motivasi Peserta untuk Berwirausaha

Feby Aditya Rachmayanti, M E Fuady

Abstract


Berawal dari masalah ekonomi yang kurang, membuat sumber daya manusia (SDM) khususnya anak-anak muda seperti pelajar dan mahasiswa yang sedang menuntut ilmu dan juga sekarang ini banyak lulusan sarjana yang masih pengangguran sehingga peran generasi muda sangat penting dalam pembangunan bangsa serta untuk mewujudkan generasi muda menjadi maju, mandiri dan sejahtera. Untuk mewujudkan permasalahan tersebut terdapat lembaga pelatihan yang bergerak dalam pengemabangan SDM di bidang sofskills yaitu Prana Persada. Pelatihan Prana Persada bertujuan memberikan informasi dan pembelajaran kepada anak muda yang ingin berwirausaha agar dapat menjadi generasi muda yang mandiri finansial, mental dan spritual.Berdasarkan uraian di atas, penulis merumuskan permasalahan yang akan diteliti adalah: “Bagaimana hubungan antara kegiatan pelatihan bisnis internet marketing dengan motivasi peserta berwirausaha?â€. Dengan hal tersebut penulis bertujuan untuk meneliti antara lain: indikator variabel X kredibilitas pelatihan, materi pelatihan, media pelatihan, metode pelatihan dan fasilitas pelatihan di Prana Persada Bandung. Sedangkan indikator variabel Y (motivasi berwirausaha), kebutuhan, dorongan dan tujuan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah korelasional, dengan responden peserta yang aktif mengikuti pelatihan bisnis internet marketing. Teori yang digunakan adalah Teori Pertukaran Sosial’. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang cukup berarti antara kegiatan pelatihan bisnis internet marketing dengan motivasi peserta berwirausaha di Prana Persada Bandung.

Keywords


kegiatan pelatihan, motivasi, wirausaha

References


Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusdiana, H.A. 2014. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: CV pustaka setia.

Ruslan, Rosady. 2006. Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suryana.(2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Sulianta, Feri. 2009. Web Marketing . Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3152

Flag Counter   Â