Fenomena Gaya Hidup Selebgram (Studi Fenomenologi Pemilik Akun Instagram @yennihr)

Larasati Putri Sumardi, Maman Suherman

Abstract


Abstract— Instagram is currently one of the fastest growing social networks. However, using Instagram social media definitely has a positive and negative impact on one's lifestyle. In using Instagram social media, there is a user term called Selebgram which means Instagram celebrity. The purpose of this study was to determine the phenomenon of Yenni's celebrity lifestyle on Instagram. The theory used in this study is the Lifestyle Classification Theory according to David Chaney (2007). This study uses a qualitative method with a phenomenological approach. Data collection techniques were carried out by in-depth interviews, observation, library techniques and documentation. The results of this study indicate that Yenni's lifestyle on Instagram shows that her daily activities are in accordance with the actual situation both in terms of appearance, accessories, make up and skincare as well as the places that Yenni usually visits.

Keywords— Lifestyle, Celebgram, Instagram, Yenni Hariyanti


Abstrak— Instagram saat ini adalah salah satu jejaring sosial yang berkembang secara pesat. Namun, dalam menggunakan media sosial Instagram pasti memiiki dampak posotif dan negatif terhadap gaya hidup seseorang. Dalam menggunakan media sosial Instagram, ada istilah pengguna nya yang disebut sebagai Selebgram yang artinya Selebriti Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena gaya hidup selebgram Yenni di Instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalahTeori Klasifikasi Gaya Hidup menurut David Chaney (2007). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, teknik kepustakaan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup Yenni di Instagram menunjukkan kegiatan Yenni sehari-harinya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya baik dari sisi penampilan, aksesoris, make up dan skincare serta tempat yang biasa Yenni kunjungi.


Kata Kunci—Gaya Hidup, Selebgram, Instagram, Yenni Hariyanti


Keywords


Gaya Hidup, Selebgram, Instagram, Yenni Hariyanti

Full Text:

PDF

References


Boyd, D. M & Ellison, B. N. 2008. Social Network Sites: Definition, History and Scholarship. Journal Of Computer-Mediated Communication. Vol. 13. Issue 1.

Boyd, D. 2009. Social Media is Here to Stay...Now What?. Makalah

Chaney, David. 2007. Lifestyles : Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta, Jalasutra

Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Indonesia, PT. Indeks Kelompok Gramedia

Landsverk, K. H. 2014. The Instagram Handbook. 2014 Edition. United Kingdom: Primehead Limited.

McQuail, Denis. 2005. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta, Erlangga

Mefita, S. & Yulianto, M. 2019. Fenomena Gaya Hidup Selebgram. Jurnal Professional Diakses 17 Juni 2021, dari Universitas Diponogoro

Nasrullah, Rulli. 2016, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi, Cet.kedua. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Nisrina, M. 2015. Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang, Yogyakarta : Kobis.

Nurudin. 2012. Media Sosial Baru. Yogyakarta, Mata Padi Pressindo

Prasetijo, R dan J. Ihalauw. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta, Andi Offset.

Shirky. 2008. Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media terhadap Perilaku Belajar Mata Pelajaran Produktif pada Siswa Kelas XI Jasa Boga di SMKN 3

Solomon, M.R. & Rabolt, N. 2009. Consumer Behavior in Fashion, 2nd Edition. USA, Prentice Hall

Zarella, Dan. 2010. The Social Media Marketing Book. Gravenstein Highway North, O’Reilly Media Inc.

Prihandini, Florensia, Pramono Hadi, A Sigit . (2021). Pengaruh Marketing Public Relations terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 57-70




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30997

Flag Counter