Pemanfaatan New Media Oleh PT BTPN Dalam Memudahkan Aktivitas Perbankan Generasi Milenial

Firman Sakti Wibowo, M E Fuady

Abstract


Abstract. In 2016, Jenius was first inaugurated by PT BTPN Tbk in Jakarta. After being officially launched, recorded Jenius users in Indonesia until August 2019 reached 1.6 million customers and continues to increase. This figure is of course a benchmark for the success of PT BTPN Tbk in introducing its products to the people of Indonesia. This is nothing but hard work from a series of promotional activities carried out both from PT BTPN Tbk and from the Jenius employees themselves. Since its launch, Jenius has been carrying out Public Relations activities, which are starting to use social media as a promotional media to introduce and at the same time attract public interest, one of which is through Instagram. Until now the number of followers in Jenius's official Instagram account has reached 139,000 followers, and 295 picture uploads. This study aims to examine and analyze: (1) Supporting strategies in promoting this genius; (2) What considerations are taken in making Instagram a Jenius promotional media; (3) Why some features become mainstays in their use to promote Jenius. Supporting concepts and theories in this study include the concept of Marketing Public Relations. While the method used in this research is a qualitative method with a case study approach through interview, observation, and literature study techniques that are relevant to research. The subjects in this study amounted to two person as the Team of Jenius Bandung City Communicstion Marketing. The results of this study are factors that support the use of Instagram by Jenius because Instagram is one of the new media as innovations from the development of existing technology. Instagram is used because of the ease of disseminating information and completeness of features possessed by Instagram.

Keywords: Public Relations Activities, Promotion, Instagram, Jenius

 

Abstrak. Pada tahun 2016, Jenius pertama kali diresmikan oleh PT BTPN Tbk di Jakarta. Setelah resmi di luncurkan, tercatat pengguna Jenius di seluruh Indonesia hingga Agustus 2019 mencapai 1,6 juta nasabah dan terus meningkat. Angka tersebut tentu saja menjadi tolak ukur keberhasilan PT BTPN Tbk dalam mengenalkan produknya kepada masyarakat Indonesia. Hal ini tidak lain merupakan kerja keras dari rangkaian kegiatan promosi yang dilakukan baik dari PT BTPN Tbk maupun dari karyawan Jenius itu sendiri. Sejak awal diluncurkan, Jenius melakukan kegiatan Public Relations yaitu mulai memanfaatkan media sosial sebagai media promosinya untuk mengenalkan sekaligus menarik minat masyarakat, salah satunya melalui Instagram. Hingga saat ini jumlah pengikut di akun resmi Instagram Jenius mencapai 139.000 pengikut, dan 295 unggahan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis: (1) Strategi yang mendukung dalam mempromosikan Jenius ini; (2) Pertimbangan apa saja yang dilakukan dalam menjadikan Instagram sebagai media promosi Jenius; (3) Mengapa beberapa fitur menjadi andalan dalam penggunaannya untuk mempromosikan Jenius. Konsep dan teori pendukung dalam penelitian ini diantaranya adalah Konsep Marketing Public Relations. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik wawancara, observasi, dan studi pustaka yang relevan dengan penelitian. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua orang selaku Team Divisi Marketing Komunikasi Jenius Kota Bandung. Hasil dari penelitian ini faktor yang mendukung penggunaan Instagram oleh Jenius dikarenakan Instagram menjadi salah satu media baru sebagai inovasi dari perkembangan teknologi yang ada. Digunakannya Instagram dikarenakan kemudahan penyebaran informasi serta kelengkapan fitur  yang dimiliki oleh Instagram.

Kata kunci: Kegiatan Public Relations, Promosi, Instagram, Jenius


Keywords


Kegiatan Public Relations, Promosi, Instagram, Jenius

Full Text:

PDF

References


Morissan. (2008). Manajemen Public Relations, Strategi Menjadi Humas Profesional. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Fuady, M, E. (2010). Teknologi-Teknologi Komunikasi dan Teknologi Informasi.

Dewdney, Andrew and Ride Peter. (2006). The New Media Handbook. New York: Routledge.

Lister, Martin. Jon Dovey. (2003). New Media: A Critical Introduction. New York: Routledge

Novilini, Olga Puspa, Hernawati, Riza. (2021). Opini Member Mengenai Personal Selling Sales Moka Pos dalam Memasarkan Produk. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 1-7




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30891

Flag Counter