Marketing Public Relations Trans Studio Bandung pada Masa Pandemi Covid-19

Arissa Diana Wahyudi, Mohamad Subur Drajat

Abstract


Abstract. With the Covid-19 pandemic crisis, the activities of companies must continue to be maximized and the role of marketing public relations (MPR) in an institution is very much needed, as was done by Trans Studio Bandung (TSB) in adapting to this Adaptasi Kebiasaan Baru(AKB) policy. All the programs used for marketing activities is the “Birthday packageâ€, “Student Community Monthâ€, and “Community Corner†are to keep the running business, foster a positive image, and build a brand image. The purpose of this research is to find out the planning, implementation, and reasons for the MPR program which were carried out by TSB in dealing with AKB. The theory of MPR with the approach of the method of program and communications PR circle, Promotion Mix, PR Crisis, and Community Relations as a reference. This research is structured using qualitative methods with a case study approach because can examine views, complete and in-depth actions regarding the AKB period and MPR activities carried out by the Markom TSB. Data collection techniques were carried out by observation, interviews, and written sources. The result of this research is that TSB plans and implements MPR program aimed at individuals, schools, communities, government and school regulations, as well as the media. The implementation is by running Promotion Mix, Community Relations, Media Social, Radio Talkshow, and Official Memo. The reason for this plan is Top of Mind, corporate concern, and TSB as a community promotion media.             

Keywords: Marketing, Public Relations, New Adaptation Habits.

Abstrak. Dengan adanya krisis pandemi Covid-19, maka aktivitas perusahaan harus tetap dimaksimalkan dan peran marketing public relations(MPR) pada sebuah lembaga sangat dibutuhkan, seperti yang dilakukan oleh Trans Studio Bandung(TSB) dalam beradaptasi dengan kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru(AKB) ini, yaitu adanya adalah program “Birthday packageâ€, “Student Community Monthâ€, dan “Community Corner†untuk kegiatan marketing. Program ini di masa AKB agar tetap running bisnis, menumbuhkan citra positif, dan membangun brand image. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, implementasi, dan alasan dari Program MPR yang dilakukan oleh TSB dalam menghadapi AKB. Teori MPR dengan pendekatan methode of program and communications PR circle, Promotion Mix, PR krisis, dan Community Relations sebagai rujukan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus karena dapat mengkaji pandangan, tindakan yang lengkap dan mendalam mengenai kejadian AKB dan aktivitas MPR yang dilakukan tim Markom TSB pada masa AKB. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan sumber tertulis. Hasil dari penelitian ini adalah TSB merencanakan dan mengimplementasikan program marketing public relations yang ditujukan untuk individu, sekolah, komunitas, peraturan pemerintah dan sekolah, dan juga media. Implementasinya dengan menjalankan Promotion Mix, Community Relations, sosial media, Radio Talkshow dan Memo Dinas. Alasan dari perencanaan ini adalah Top of Mind, kepedulian perusahaan, dan TSB menjadi media promosi komunitas.

Kata Kunci: Marketing, Public Relations, Adaptasi Kebiasaan Baru

Keywords


Marketing, Public Relations, Adaptasi Kebiasaan Baru

Full Text:

PDF

References


Aldily, Ridho. 2017. 101 Amazing Public Relation Ideas. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Arumsari, Adelina. 2011. “Strategi Corporate Public Relations Perusahaan dalam Rangka Membina Hubungan dengan Stakeholderâ€. Skripsi. Bandung: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung.

Azminuddin, Salman. 2015. “Pencitraan Perusahaan Melalui Media Sosial Online Twitterâ€. Skripsi. Bandung: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan.

Fajar, Arief. 2011. "Sistem Kendali dan Strategi Penanganan (Manajemen) Krisis dalam Kajian Public Relations." dalam Jurnal ASPIKOM. Volume 1, Nomor 3, Tahun 2011 (hlm. 279-286).

Henry, Rene A. 2000. Marketing Public Relations: The hows that make it work. Iowa: Iowa State Press.

Khusna, Galu K., dan Oktafani, F. 2017. "Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dunkin’Donuts Bandung." Dalam Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship. Volume 11, Nomor 1, Tahun 2017 (hlm. 27-36).

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nuraini, Ratna Dewi. 2020. “Penerapan Metode Studi Kasus Yin dalam Penelitian Arsitektur dan Pelaku.†dalam INERSIA, Volume 16, Nomor 1 Tahun 2020 (hlm. 92-104).

Nurtjahjani, Fullchis, dan S. M. Trivena. 2016 Public Relations Citra & Praktek. Malang: Polinema Press.

Silviani, Irene. 2020. Public Relations sebagai Solusi Komunikasi Krisis. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Syaputra, Eriyus Septiadi. 2015. “Pelaksanaan Public Relations yang Dilakukan oleh Balai Pemuda dan Olahraga Yogyakartaâ€. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Widayawati. 2016. “Strategi Marketing Public Relations Swiss Bell Hotel Borneo Samarinda dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan†dalam Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 4, Nomor 3, Tahun 2016 (hlm. 510-519).

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbit Universitas.

Prihandini, Florensia, Pramono Hadi, A Sigit . (2021). Pengaruh Marketing Public Relations terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 57-70




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30741

Flag Counter   Â