Hubungan Aktivitas Public Relations dengan Kinerja Financial Consultant

Risma Rusmeikawati, M S Drajat

Abstract


Penelitian ini  didasari oleh fenomena aktivitas komunikasi dalam sebuah perusahaan Futures, dimana pola komunikasi dalam aktivitas Public Relations mempengaruhi kinerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana “ Hubungan Antara Aktivitas Komunikasi Public Relations Dengan Kinerja Financial Consultant PT. Indosukses Futures Bandung. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori hubungan atau teori komunikasi relasional. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yaitu metode yang bertujuan untuk meneliti seberapa jauh variasi pada satu faktor berkaitan dengan faktor lainnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran kuisoner, observasi, wawancara dan studi pustaka. Sampel yang digunakan sebanyak 40 karyawan Financia Consultant dengan teknik pengambilan sampel menggunakan  total sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji statistik Rank spearmen, dengan program SPSS versi 20.0. Berdasarkan dari hasil uji statistik, maka dapat disimpulkan jika terdapat hubungan antara Aktivitas Komunikasi Public Relations Dengan Kinerja Financial Consultant PT. Indosukses Futures Bandung dengan hasil perhitungan korelasi sebesar  0.8333 . Hasil pengujian hipotesis , menyatkan bahwa Ho di tolak, dengan demikian hipotesis Hi diterima. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang postif antara Aktivitas Komunikasi Public Relations (X) Dengan Kinerja Financial Consultant PT. Indosukses Futures Bandung (Y). dapat disimpulkan jika semakin baik  aktivitas komunikasi PR maka akan sebaik pula kinerja karyawan.

Penelitian ini  didasari oleh fenomena aktivitas komunikasi dalam sebuah perusahaan Futures, dimana pola komunikasi dalam aktivitas Public Relations mempengaruhi kinerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana “ Hubungan Antara Aktivitas Komunikasi Public Relations Dengan Kinerja Financial Consultant PT. Indosukses Futures Bandung. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori hubungan atau teori komunikasi relasional. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yaitu metode yang bertujuan untuk meneliti seberapa jauh variasi pada satu faktor berkaitan dengan faktor lainnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran kuisoner, observasi, wawancara dan studi pustaka. Sampel yang digunakan sebanyak 40 karyawan Financia Consultant dengan teknik pengambilan sampel menggunakan  total sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji statistik Rank spearmen, dengan program SPSS versi 20.0. Berdasarkan dari hasil uji statistik, maka dapat disimpulkan jika terdapat hubungan antara Aktivitas Komunikasi Public Relations Dengan Kinerja Financial Consultant PT. Indosukses Futures Bandung dengan hasil perhitungan korelasi sebesar  0.8333 . Hasil pengujian hipotesis , menyatkan bahwa Ho di tolak, dengan demikian hipotesis Hi diterima. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang postif antara Aktivitas Komunikasi Public Relations (X) Dengan Kinerja Financial Consultant PT. Indosukses Futures Bandung (Y). dapat disimpulkan jika semakin baik  aktivitas komunikasi PR maka akan sebaik pula kinerja karyawan.Penelitian ini  didasari oleh fenomena aktivitas komunikasi dalam sebuah perusahaan Futures, dimana pola komunikasi dalam aktivitas Public Relations mempengaruhi kinerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana “ Hubungan Antara Aktivitas Komunikasi Public Relations Dengan Kinerja Financial Consultant PT. Indosukses Futures Bandung. Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori hubungan atau teori komunikasi relasional. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yaitu metode yang bertujuan untuk meneliti seberapa jauh variasi pada satu faktor berkaitan dengan faktor lainnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran kuisoner, observasi, wawancara dan studi pustaka. Sampel yang digunakan sebanyak 40 karyawan Financia Consultant dengan teknik pengambilan sampel menggunakan  total sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji statistik Rank spearmen, dengan program SPSS versi 20.0. Berdasarkan dari hasil uji statistik, maka dapat disimpulkan jika terdapat hubungan antara Aktivitas Komunikasi Public Relations Dengan Kinerja Financial Consultant PT. Indosukses Futures Bandung dengan hasil perhitungan korelasi sebesar  0.8333 . Hasil pengujian hipotesis , menyatkan bahwa Ho di tolak, dengan demikian hipotesis Hi diterima. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang postif antara Aktivitas Komunikasi Public Relations (X) Dengan Kinerja Financial Consultant PT. Indosukses Futures Bandung (Y). dapat disimpulkan jika semakin baik  aktivitas komunikasi PR maka akan sebaik pula kinerja karyawan.


Keywords


Pola Komunikasi, Aktivitas Public Relations, Financial Consultant

References


Ardianto , Elvinaro. 2010. Metodologi penelitianuntuk Public Relations kuantitatif dan kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

. 1993. Human Relations dan Public Relations. Bandung : CV. Mandar Maju

Effendy, Onong Uchjana .2010. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Kriyanto, rachmat. 2007. Teknik praktis : riset komunikasi.kencana preda media group .Jakarta

Morrisan, 2006. Manajemen Public Relations. Jakarta : Prenada Media Group.

Muhammad, Arni . 2007. KOmunikasi Organisasi. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009. Evaluasi kerja SDM . Bandung : Refika Aditama

Miftah, Erwin. 2001. Arti kinerja. AKN BPK RI. Jakarta

Ruslan, Rosady. 2006 . Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta :PT. RajaGrafindo Persada

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Thoha, Miftah. 2008.Perilaku Organisasi : Konsep dasar dan Aplikasinya. Depok : PT. RajaGrafindo Persada.

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Yulianita, Neni.2007. Dasar – dasar Public Relations. Bandung : Pusat Penerbitan Universitas, Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat univeristas islam bandung

Widjaja.2008.Komunikasi. Jakarta : PT Bumi Aksara

Sumber lain:

Sumber Internet :

“Gadgetâ€, www. Indosuksesfutures.com Tanggal akses 28 Juli 2015, pkl 20.00 WIB.

“Komunikasi.Persuasifâ€,http://ilmukomunikasi.blogspot.com/2008/11/komunikasi-persuasif.html. Tanggal akses 12 September 2015, pkl 17.30 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3071

Flag Counter   Â