Strategi Promosi Benua Music dalam Memasarkan Karya Musik Indie

Muhammad Alfan Wahid, Mohamad Subur Drajat

Abstract


Abstract. Benua Music is a record label that operates independently (indie). Benua Music is a record label company that offers services or services in the world of music, starting from the realm of production, distribution, to promotion. Benua Music was founded in early 2020 and is located in Komplek Pesona Taman Burung Blok B no 19, Bandung.. Even though it is still relatively new, Benua Music has hosted approximately 50 bands or musicians who have distributed their work, following the development of the technological era that has entered the industrial era 4.0 where all forms of information have been packaged in digital form. The purpose of this research is to find out how Benua Music builds relationships with stakeholders, to understand and know the stages of promotional strategy activities and constraints of the indie label Benua Music. This research methodology is qualitative with a case study approach. The paradigm used in this research is the constructivism paradigm. The data collection techniques used were interviews, online and offline observations, library research, online and offline documentation. The data analysis technique used in this study was to test the validity of the data using source triangulation. From the research results, it was found that Benua Music in building relationships with stakeholders is by providing a service called One Stop Music Solutions, which provides services ranging from production such as recording, mixing, mastering, making merchandise, to making music videos. The promotion steps carried out by Benua Music are in accordance with the operational process of public relations, namely starting with fact finding, namely by finding and collecting data to solve problems, then this planning is carried out after obtaining the data and research carried out previously. Next is communicating by collaborating between musicians and finally evaluating by seeing the number and response of the listener. The reason Benua Music uses a digital streaming platform is because it adapts to the needs of today's era where everything is digital, then the budget is cheap and can be used by anyone because it can be downloaded for free, the latter is easy access and can be used anywhere and anytime.

Keywords: Strategy, Promotion, Benua Music, Record Label, Digital Streaming Platform

Abstrak. Benua Music merupakan salah satu label rekaman yang bergerak secara independent (indie). Benua Music adalah perusahaan label rekaman yang menawarkan jasa atau servis pada ruang lingkup dunia musik, dimulai dari ranah produksi, distribusi, hingga promosi.  Benua Music didirikan pada awal tahun 2020 dan berlokasi di Komplek Pesona Taman Burung Blok B no 19 Kota Bandung. Walaupun masih tergolong baru Benua Music telah menaungi lebih kurang 50 band atau musisi yang telah di distribusikan karyanya, mengikuti perkembangan era teknologi yang sudah memasuki era industri 4.0 dimana segala bentuk informasi sudah dikemas dalam bentuk digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Benua Music membangun hubungan dengan stakeholder, untuk memahami dan mengetahui tahap kegiatan strategi promosi serta kendala dari indie label Benua Music. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi online dan offline, studi kepustakaan, dokumentasi online dan offline. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Benua Music dalam membangun hubungan dengan stakeholder yaitu dengan memberikan pelayanan yang bernama One Stop Music Solutions yaitu memberikan pelayanan mulai dari produksi seperti rekaman, mixing, mastering, pembuatan merchandise, hingga pembuatan music video. Langkah Promosi yang dilakukan oleh Benua Music sesuai dengan proses operasional public relations yaitu diawali dengan fact finding dengan mencari dan mengumpulkan data untuk menyelesaikan masalah, lalu planning hal ini dilakukan setalah mendapatkan data dan riset yang dilakukan sebelumnya. Selanjutnya communicating dengan melakukan kolaborasi antar musisi dan terakhir adalah evaluating dengan melihat jumlah serta respon dari pendengar. Alasan Benua Music menggunakan digital streaming platform adalah karena menyesuaikan kebutuhan jaman dimana sekarang eranya serba digital, lalu budget yang murah dan dapat digunakan oleh siapa saja karena dapat diunduh secara gratis yang terakhir adalah akses yang mudah dan dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

Kata Kunci: Strategi, Promosi, Benua Music, Label Rekaman, Digital Streaming Platfom


Keywords


Strategi, Promosi, Benua Music, Label Rekaman, Digital Streaming Platfom

Full Text:

PDF

References


Basrowi. Memahami Peneliatian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Conny R. Semiawan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Echols, John M. dan Hassan Shadily. 1996. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniadi, Oji. 2019. Periklanan (A-Z). Bandung: Mediamore Karya Optima.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soemanagara, Rd. 2006. Strategi Marketing Communication. Jakarta: Erlangga.

West, Richard, Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grasindo. Jakarta: Erlangga.

Ramadhan, M Fadil, Drajat, M. Subur. (2021). Kegiatan Marketing Pr Label Musik Digital Audio Tape Bandung. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 33-38




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30678

Flag Counter