Strategi Komunikasi Cimahi Peugeot Owners Community dalam Membangun Citra

Muhammad Ihsan Permana, Tresna Wiwitan

Abstract


Abstract. The car community is a group formed because of the similarity of hobbies and interests between individuals in it. This study aims to determine the communication strategy of Cimahi Peugeot Owners Community in Building Image. The selection of Cimahi Peugeot Owners Community as the object of research because it is considered a new community that is active in activities and cares about social issues. This research technique uses quantitative research methods with a descriptive study approach. The quantitative method is used because it is a type of research that is systematic, planned, and clearly structured from the start. The descriptive study was chosen because the researcher wanted to describe in detail the strategies used by the Cimahi Peugeot Owners Community in building an image. The theory or concept used is the five-step communication planning concept. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. The sampling technique used in this research is purposive sampling. The results of the research are 1) The majority of CIPOC's target audience is automotive enthusiasts. 2) Planning is carried out by the management and involves all members. 3) CIPOC's communication style is very relaxed and dissemination of publication content uses social media. 4) Evaluation is divided into two, namely activity evaluation and annual evaluation. And the benchmarks for the success of each program are different. 5) Reports are prepared systematically and the chairperson has the authority to follow up on recommendations from the evaluation.

Keywords: Strategy, Communications, Car Community, Build Image.

Abstrak. Komunitas mobil merupakan suatu kelompok yang terbentuk karena adanya kesamaan hobi dan minat antar individu di dalamnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi Cimahi Peugeot Owners Community dalam Membangun Citra. Pemilihan Cimahi Peugeot Owners Community sebagai objek penelitian karena dinilai merupakan sebuah komunitas baru yang aktif berkegiatan dan peduli terhadap sosial. Teknik penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Metode Kuantitatif digunakan karena merupakan  salah satu jenis penelitian yang sistematis, terencana, dan sejak awal terstruktur dengan jelas. Studi deskriptif dipilih karena peneliti ingin mendeskripsikan secara terprinci mengenai strategi yang digunakan oleh komunitas Cimahi Peugeot Owners Community dalam membangun citra. Teori atau konsep yang digunakan adalah konsep perencanaan komunikasi Lima Langkah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian yaitu 1) Mayoritas target khalayak CIPOC adalah peminat otomotif. 2) Perencanaan dilakukan oleh pengurus dan melibatkan seluruh member. 3) Gaya komunikasi CIPOC sangat santai dan penyebarluasan konten publikasi menggunakan media sosial. 4) Evaluasi dibedakan menjadi dua, yaitu evaluasi kegiatan dan evaluasi tahunan. Serta tolak ukur kesuksesan setiap program berbeda-beda. 5) Laporan disusun secara sistematis dan ketua memiliki wewenang untuk menindak lanjuti rekomendasi dari evaluasi.

Kata kunci: Strategi, Komunikasi, Komunitas Mobil, Membangun Citra.


Keywords


Strategi, Komunikasi, Komunitas Mobil, Membangun Citra

Full Text:

PDF

References


Bagong, Suyanto dan Sutinah. 2006. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media Group.

Bugin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Putra Grafika.

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi (edisi revisi). Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Kriyantono, Rachmat.2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Ulum, Mochamad Chazienul & Anggani, Niken Lastiti Veri. 2020. Community Empowerment Teori dan Praktik Pemberdayaan Komunitas. Malang: UB Press.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbit Universitas (P2U) Lembaga Penelitian dan Pengembangan kepada Masyarakat (LPPM) Unisba.

Prasanti, Ditha & Fuady, Ikhsan (2017). Strategi Komunikasi dalam Kesiapan Menghadapi Bencana Longsor Bagi Masyarakat di Bandung Barat. Jurnal Komunikasi, Vol. XI No. 02, September 2017: 135-148

Raturoma, Julita M.A. & Wijaya, Lina Sinatra (2018). Aktivitas Public Taman Wisata Candi Borobudur. Jurnal UltimaComm, 10(2), 114-125.

Wirman, Welly. Yazid, Tantri Puspita. Nurjanah (2017). Model Perencanaan Komunikasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Chevron Pacific Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Riau, Vol. XI No. 02, September 2017: 123-134

Yuniar, Michael. 2014. “Strategi Humas Korporasi Garudan Indonesia dalam Melayani Informasi Publik (Studi Kasus “Garuda Indonesia Travel Fair 2013”)”. Skripsi. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Novilini, Olga Puspa, Hernawati, Riza. (2021). Opini Member Mengenai Personal Selling Sales Moka Pos dalam Memasarkan Produk. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 1-7




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30537

Flag Counter