Hubungan Antara Menonton Tayangan E-Sports Star Indonesia GTV dengan Sikap Remaja

Bilal Ainun Najib, Oji Kurniadi

Abstract


Abstract. Along with the development of the times in Indonesia with various sophisticated technologies in accessing everything, this makes it easier for us as a society to do various searches and of course open up great opportunities for entrepreneurs to do marketing in various media. Televisia is a well-known communication medium that has the function of receiving motion picture and audio broadcasts, neither color nor broadcast images that have various colors. In this modern era, the development of television has certainly developed quite rapidly. Television broadcast, namely Esports Star Indonesia, is the first talent search show in Indonesia in the field of games. The purpose of this study is that researchers can find out whether there is a relationship between watching Esports Star Indonesia and teenagers' attitudes in motivating themselves to become pro-players. This research uses quantitative research methods with a correlational approach. The sample chosen in this study is the MLBB Bandung community with simple random sampling technique. Adolescent attitudes are measured by considering the frequency, duration and attention in impressions.

Keywords: Television, Broadcasts, Esports Star Indonesia

Abstrak. Seiring dengan berkembangnya zaman di Indonesia dengan berbagai teknologi yang canggih dalam mengakses segala sesuatu, ini memudahkan kita sebagai masyarakat melakukan berbagai pencarian dan tentunya membuka peluang besar bagi para pengusaha untuk melakukan pemasaran di berbagai media. Televisiaadalah media komunikasi terkenal yang memiliki fungsi penerima siaran gambar gerak dan audio, baik tidak berwarna maupun siaran gambar yang memiliki berbagai warna. Di era modern ini, perkembangan televisi tentu mengalami perkembangan cukup pesat.Tayangan televise yaitu Esports Star Indonesia adalah tayangan pencarian bakat pertama di Indonesia dalam bidang game. Tujuan penelitian ini yaitu supaya peneliti dapat mengetahui adakah hubungan antara menonton tayangan Esports Star Indonesia dengan sikap remaja dalam memotivasi diri untuk menjadi pro-player. Penelitian ini menggunankan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah komunitas MLBB Bandung dengan pengambilan teknik sampel simple random sampling. Sikap remaja diukur dengan mempertimbangkan frekuensi, durasi, dan atensi dalam tayangan.

Kata Kunci: Televisi, Tayangan, Esports Star Indonesia



Keywords


Televisi, Tayangan, Esports Star Indonesia

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan, 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Edisi Pertama, Jakarta : Prenada Media,

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ardianto, Elvinaro. 2004.

Hurlock, Elizabeth. 2007. Psikologi Perkembangan, Jakarta : Erlangga. Jalaluddin Rakhmat, 2005, Psikologi Komunikasi, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2018. Psikologi Komunikasi. Bandung. Simbiosa Rekatama Media

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Novilini, Olga Puspa, Hernawati, Riza. (2021). Opini Member Mengenai Personal Selling Sales Moka Pos dalam Memasarkan Produk. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 1-7




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30513

Flag Counter