Pengelolaan Kesan Make Up Artist Melalui Media Sosial

Anggia Salsabila Tema, Nova Yuliati

Abstract


Abstract. Because of the many competitions supporting make up artists to be able to develop their communication skills in order to be known and recognized in the community. This research aims to know the impression management conducted by make up artists in The City of Bandung through social media instagram. The method used in this study is qualitative with a case study approach. Data collection techniques used are interviews, observations, documentation, and library studies. The result of this research is Diva Aisha manages her impression on the front stage as a make up artist special effect or informative character also dares to appear expressive and colorful. Ajeng as flawless make up artist, influence, and very attentive to the appearance of herself to appear professional on instagram. Dainese wedding and special ocation make up artist who humble and does not often present herself on instagram. Make Up Artist does a similar process, but Diva goes through a longer process than other make up artists. The management of impressions on instagram because it is a medium used by many people and never abandoned. Diva's self-presentation is a make up artist and make up art content creator. Ajeng presents herself as a make up artist and beauty influencer. While dainese self presentation as wedding and special ocation make up artist.

Keywords: Dramaturgi, Impression Management, Instagram, Make Up Artist

Abstrak. Dikarenakan banyaknya persaingan mendukung make up artist untuk dapat mengembangkan kemampuan komunikasinya agar dapat dikenal dan diakui keberadaannya di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kesan (impression management) yang dilakukan make up artist di Kota Bandung melalui media sosial instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah Diva Aisha mengelola kesannya di panggung depan sebagai make up artist special effect atau karakter yang informatif juga berani tampil ekspresif dan colorful. Ajeng sebagai flawless make up artist, menginfluence, dan sangat memperhatikan penampilan diri untuk tampil profesional di instagram. Dainese wedding dan special ocation make up artist yang humble dan tidak sering menampilkan diri di instagram. Make Up Artist melakukan proses yang serupa, namun Diva melalui proses yang lebih panjang dari make up artist lainnya. Dilakukannya pengelolaan kesan di instagram karena merupakan media yang digunakan banyak orang dan tidak pernah ditinggalkan. Presentasi diri yang dilakukan Diva adalah make up artist dan konten creator make up art. Ajeng mempresentasikan dirinya sebagai make up artist dan beauty influencer. Sedangkan presentasi diri Dainese sebagai wedding dan special ocation make up artist.

Kata Kunci: Dramaturgi, Impression Manajemen, Instagram, Make Up Artist




Keywords


Dramaturgi, Impression Manajemen, Instagram, Make Up Artist

Full Text:

PDF

References


Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Enterprise, Jubilee. 2012. Instagram untuk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Morissan 2014. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa, Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. 2017. Etnografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmat Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tosepu, Y. A. 2018. Media Baru dalam Komunikasi Politik (Komunikasi Politik I Dunia Virtual). Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya.

Triningtyas, Diana Ariswanti. 2016. Bimbingan Konseling Pribadi Sosial. Magetan: AE Media Grafika.

Ulung, Gagas. 2013. How To Be A Make Up Artist. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Widodo, Suko. 2010. Anatomi dan Perkembangan Teori Sosial. Malang: Aditya Media Publishing

Jurnal

Merawati, Erwin dan M. Jacky. 2015. Analisis Dramaturgi Komunitas Save Street Child Surabaya. Vol. 3, No. 2. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Weninggalih, Laras, Fuady, M E. (2021). Hubungan Kampanye Politik Calon Presiden 2019 melalui Media Sosial Instagram dengan Keputusan Memilih Mahasiswa Indonesia di Thailand. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 22-32




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30479

Flag Counter