Strategi Humas PDAM Tirtawening dalam Penggunaan Media Sosial di Instagram @Perumda_Tirtawening
Abstract
Keywords: Social Media, Instagram, PDAM Tirtawening
Abstrak. Media Social merupakan salah satu media online yang pada saat ini naik dengan pesat. Banyak sekali media baru yang bermunculan sebagai bagian dari media sosial. Instagram termasuk kedalam media sosial dimana penggunanya bisa memposting berupa foto dan video yang beisikan informasi- informasi. Perusahaan pun harus memaksimalkan kesempatan dalam bermedia. Perusahaan yang berada dinaungan pemerintah, humas PDAM Tirtaweing harus memiliki strategi dalam penggunaan media sosial, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh Humas PDAM Tirtawening dalam memilih konten di media sosial Instagram @perumda_tirtawening? (2) Bagaimana cara humas PDAM Tirtawening membuat konten untuk menguatkan media social Instagram @perumda_tirtawening?. Penulis menggunakan metode teknik studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek yang dipilih adalah staff Humas PDAM Tirtawening. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah Humas PDAM Tirtawening pemilihan konten di media sosial Instagram, bagiaman proses pembuatan konten media social Instagram PDAM Tirtawening.Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, PDAM Tirtawening.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnanputra, Ahmad S. 2001. Corporate Strategy and PR Strategy. Edisi Revisi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Amanda P. Santoso, Imam Baihaqi, dan Satria F Persada. 2017. Pengaruh Konten Post Instagram Terhadap Online Engagement: Studi Kasus Pada Lima Merek Pakaian Wanita. Surabaya. Volume 6, Nomor 1, Tahun 2017 (hlm.217-221).
Andres, Kaplan & Michael HaenLein. 2010. User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media, Business Horizons.
Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.
Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Sambiosa Rekatama Media.
Hadi, Sutrisno. 2013. Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta: Andi Rachmat, Jalaluddin dan Idi Subandy. 2017. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Joe, Jennifer, Elisabeth Knight. 2019. Social Media for Communication and Instruction in Academic Libraries. 70E, Chocolate Avenue Hershey PA, USA: IGI Global.
Kurnia, Novi. 2005. Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi. Bandung. Volume 6, Nomor 2, Tahun 2005 (hlm.291-296).
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran Jilid 2: Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, Philip & Amstrong, Garry. 2008. Jilid 1: Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Supriono. Agus, Dkk. 2019. Modul Presentasi dengan Infografis. Bidang Perencanaan Diklat DPR RI.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 7 Th. 2004 tentang Sumber Daya Air. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/7.pdf&ved=2ahUKEwiU66T-_OPxAhUu63MBHZB9DLUQFjABegQIAxAG&usg=AOvVaw3_wGz2acZg3QVn8_2_I89m&cshid=1626314532931 . Tanggal akses 10 Juli 2021, pk. 09.08
Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas (P2U).
Weninggalih, Laras, Fuady, M E. (2021). Hubungan Kampanye Politik Calon Presiden 2019 melalui Media Sosial Instagram dengan Keputusan Memilih Mahasiswa Indonesia di Thailand. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 22-32
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30456
  Â