Strategi Humas PDAM Tirtawening dalam Penggunaan Media Sosial di Instagram @Perumda_Tirtawening

Bella Meitiawati, Wulan Tri Gartanti

Abstract


Abstract. Social Media is one of the online media that is currently growing rapidly. Lots of new media that have sprung up as part of social media. Instagram is included in social media where users can post photos and videos that contain information. Companies must also maximize opportunities in media. Companies under the auspices of the government, PDAM Tirtaweing Public Relations must have a strategy in using social media, so the problems in this study are formulated as follows: (1) What are the steps taken by PDAM Tirtaweing Public Relations in choosing content on Instagram social media? (2) How does PDAM Tirtawening PR create content to strengthen Instagram social media?. The author uses a case study technique method using a qualitative approach. The chosen subject is the Public Relations staff of PDAM Tirtawening. Data collection techniques used in this study include interviews, observation, and literature study. The results of this study will explain how the steps of Public Relations of PDAM Tirtawening in selecting content on Instagram social media, how the process of creating Instagram social media content for PDAM Tirtawening.

Keywords: Social Media, Instagram, PDAM Tirtawening

Abstrak. Media Social merupakan salah satu media online yang pada saat ini naik dengan pesat. Banyak sekali media baru yang bermunculan sebagai bagian dari media sosial. Instagram termasuk kedalam media sosial dimana penggunanya bisa memposting berupa foto dan video yang beisikan informasi- informasi. Perusahaan pun harus memaksimalkan kesempatan dalam bermedia. Perusahaan yang berada dinaungan pemerintah, humas PDAM Tirtaweing harus memiliki strategi dalam penggunaan media sosial, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh Humas PDAM Tirtawening dalam memilih konten di media sosial Instagram @perumda_tirtawening? (2) Bagaimana cara humas PDAM Tirtawening membuat konten untuk menguatkan media social Instagram @perumda_tirtawening?. Penulis menggunakan metode teknik studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek yang dipilih adalah staff Humas PDAM Tirtawening. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah Humas PDAM Tirtawening pemilihan konten di media sosial Instagram, bagiaman proses pembuatan konten media social Instagram PDAM Tirtawening.

Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, PDAM Tirtawening.


Keywords


Media Sosial, Instagram, PDAM Tirtawening.

Full Text:

PDF

References


Adnanputra, Ahmad S. 2001. Corporate Strategy and PR Strategy. Edisi Revisi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Amanda P. Santoso, Imam Baihaqi, dan Satria F Persada. 2017. Pengaruh Konten Post Instagram Terhadap Online Engagement: Studi Kasus Pada Lima Merek Pakaian Wanita. Surabaya. Volume 6, Nomor 1, Tahun 2017 (hlm.217-221).

Andres, Kaplan & Michael HaenLein. 2010. User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media, Business Horizons.

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Sambiosa Rekatama Media.

Hadi, Sutrisno. 2013. Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta: Andi Rachmat, Jalaluddin dan Idi Subandy. 2017. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Joe, Jennifer, Elisabeth Knight. 2019. Social Media for Communication and Instruction in Academic Libraries. 70E, Chocolate Avenue Hershey PA, USA: IGI Global.

Kurnia, Novi. 2005. Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi. Bandung. Volume 6, Nomor 2, Tahun 2005 (hlm.291-296).

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran Jilid 2: Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip & Amstrong, Garry. 2008. Jilid 1: Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Supriono. Agus, Dkk. 2019. Modul Presentasi dengan Infografis. Bidang Perencanaan Diklat DPR RI.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 7 Th. 2004 tentang Sumber Daya Air. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/7.pdf&ved=2ahUKEwiU66T-_OPxAhUu63MBHZB9DLUQFjABegQIAxAG&usg=AOvVaw3_wGz2acZg3QVn8_2_I89m&cshid=1626314532931 . Tanggal akses 10 Juli 2021, pk. 09.08

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas (P2U).

Weninggalih, Laras, Fuady, M E. (2021). Hubungan Kampanye Politik Calon Presiden 2019 melalui Media Sosial Instagram dengan Keputusan Memilih Mahasiswa Indonesia di Thailand. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 22-32




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30456

Flag Counter