Hubungan Membaca Akun Instagram @wardahbeauty dengan Brand Image

Anggy Milda Rusmana, Dadan Mulyana

Abstract


Abstract. Wardah, as a pioneer of halal cosmetic products, continues to expand its wings to adapt to digital  trends, such as packaging brand personas through a multidisciplinary approach that combines  elements of various media instruments as objects in the digital ecosystem in order to obtain a good  image. But behind that, Wardah needs to know how the @wardahbeauty Instagram account can  shape Wardah's own brand image. The purpose of this research is to find out how big is the  significant relationship between reading the Instagram account @wardahbeauty as a publicity  medium and Wardah's brand image. The theory used is Image Theory. Researchers used  correlational quantitative methods with a population of 2,900,000 people and 400 respondents  were selected using a random sampling technique with the Tomo Yamane formula. The data  obtained were analyzed using rank spearman with the help of the SPSS 25 application. The results of  this study indicate that (1) reading Instagram accounts and brand image have a significant  relationship with a correlation coefficient of 0.648. (2) The dimensions of reading intensity on  Instagram accounts and brand image have a low but definite relationship with a correlation  coefficient of 0.400. (3) Dimensions of message content reading Instagram accounts and brand  image have a significant relationship with a correlation coefficient of 0.648.

Keywords: Reading Instagram Accounts, Media Exposure, Brand Image, Image Theory.

Abstrak. Wardah sebagai pionir produk kosmetik halal, terus mengembangkan sayapnya menyesuaikan perkembangan tren digital, seperti mengkemas persona merek melalui pendekatan multidisiplin yang menggabungkan unsur berbagai instrumen media sebagai objek dalam ekosistem digital guna memperoleh citra yang baik. Namun dibalik itu wardah perlu mengetahui bagaimana akun instagram @wardahbeauty dapat membentuk brand image wardah itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan yang signifikan antara membaca akun instagram @wardahbeauty sebagai media publisitas dengan brand image Wardah. Adapun Teori yang digunakan adalah Teori Citra. Peneliti menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan populasi sebanyak 2.900.000 orang serta dipilih sebanyak 400 orang responden menggunakan teknik random sampling dengan rumus Tomo Yamane. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rank spearman dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) membaca akun instagram dan brand image memiliki hubungan yang cukup berarti dengan koefisien korelasi sebesar 0,648. (2) Dimensi intensitas membaca akun instagram dan brand image memiliki hubungan yang rendah tapi pasti dengan koefisien korelasi sebesar 0,400. (3) Dimensi isi pesan membaca akun instagram dan brand image memiliki hubungan yang cukup berarti dengan koefisien korelasi sebesar 0,648.

Kata Kunci: Membaca Akun Instagram, Terpaan Media, Brand Image, Teori Citra


Keywords


Membaca Akun Instagram, Terpaan Media, Brand Image, Teori Citra

Full Text:

PDF

References


Ardianto, EIvinaro & Erdinaya, Iukiati KomaIa. 2005. Komunikasi Massa: SuatuPengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Efendy, onong Uchjana, 2001. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Fauzi, Viny Putri. 2016. Pemanfaatan Instagram Sebagai SociaI Media Marketing ER-Corner Boutique DaIam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekan baru. Pekan baru: Universitas Riau.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media SosiaI : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan SosioteknoIogi. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2017. Metode Penelitian Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soemirat, SoIeh & Ardianto, EIvinaro. 2007. Dasar-Dasar PubIic ReIations. Bandung, Rosdakarya.

Widodo, Tosan. 2016. Pengaruh Brand image, Atribut Produk dan Harga Terhadap Keputusan PembeIian Sepeda Motor Honda Vario di KuIon Progo. UnpubIished, Universitas Negeri Yogyakarta

“Wardah Perkuat Posisinya Sebagai Pelopor Merek Kosmetik Halal dengan Kampanye 'Halal dari Awal' “ https://pressrelease.kontan.co.id/release/wardah-perkuat-posisinya-sebagai-peIopor-merek-kosmetik-halal-dengan-kampanye-halal-dari-awal Tanggal akses 27 Febuari 2021, pk.12.00 WIB.

Weninggalih, Laras, Fuady, M E. (2021). Hubungan Kampanye Politik Calon Presiden 2019 melalui Media Sosial Instagram dengan Keputusan Memilih Mahasiswa Indonesia di Thailand. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 22-32




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30329

Flag Counter