Hubungan antara Tayangan Youtube Protokol Kesehatan Corona dengan Sikap Subscribers dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Cahaya Sudrajat, Muhammad E Fuady

Abstract


Abstract. This research aims to investigate the connection of media exposure in Youtube to President Joko Widodo's Youtube Channel video entitled 'Corona Health Protocol' reviewed with two message variable and attraction of news outlets to the conscience of President Joko Widodo Youtube Channel's subscribers. This research is a corelational with quantitative approach. Data instruments employed are questionaire and literature study. As for data analysis technique, researcher choose data inventarisation namely; data editing, data coding and data drafting. This research adopts ordinal measure skale which sort responds' category from lowest to highest.

Keywords: Corona Health Protocol YouTube Broadcast, Attitude, YouTube Social Media

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara terpaan di media YouTube pada Channel Presiden Joko Widodo yang berjudul “Protokol Kesehatan Corona†yang dilihat dari kedua variabel isi pesan dan daya tarik berita terhadap sikap subscribers pada channel YouTube Presiden Joko Widodo. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuisoner dan studi kepustakaan. Untuk teknik analisis data, peneliiti menggunakan inventarisasi data meliputi; editing data, koding data dan penyusunan data. Pada penelitian ini peneliti menggunakan skala ukur ordinal, skala ordinal mengurut kategori respon dari tingkat yang terendah ke tingkat yang tertinggi.

Kata Kunci: Terpaan Tayangan YouTube Protokol Kesehatan Corona, Sikap,  Media Sosial YouTube.



Keywords


Terpaan Tayangan YouTube Protokol Kesehatan Corona, Sikap, Media Sosial YouTube.

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakary.Alma, Buchari. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alvabeta.

Liliweri, Alo. 2005. Prasangka & Konflik Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: PT LkiS

McQuail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Salemba

Nurudin. 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Gafindo Persada.

Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sarwono, S.W. 2006. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Zarella. 2010. The Social Media Marketing Book. Oreilly media. USA

Weninggalih, Laras, Fuady, M E. (2021). Hubungan Kampanye Politik Calon Presiden 2019 melalui Media Sosial Instagram dengan Keputusan Memilih Mahasiswa Indonesia di Thailand. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 22-32




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30276

Flag Counter   Â