Presentasi Diri Shafira Fitri Baraja Putri Muslimah Berbakat Indonesia 2019

Debby Bravin, Erik Setiawan

Abstract


Abstract. Beauty Contest Putri Muslimah Indonesia are no stranger to women. Especially after the hijab fashion which is now widely loved by Muslim women. Beauty contest Putri Muslimah Indonesia has made Muslim women in Indonesia start to be confident in presenting their talents and abilities. The development of communication technology on one of the social media, namely Instagram, makes Muslim women more active in presenting themselves through the uploads they publish. As was done by Putri Muslimah Berbakat Indonesia 2019, she did this so that the image formed on her Instagram was successful, so that the wider audience could judge herself according to the image built by Putri Muslimah Berbakat Indonesia 2019. The purpose of this study is to find out how Putri Muslimah Berbakat Indonesia 2019 in presenting herself on Instagram and knowing her daily activities outside of Instagram social media. In completing his research, this research uses a qualitative methodology with Erving Goffman's Dramaturgy approach.Based on the content from the personal Instagram of Putri Muslimah Berbakat Indonesian 2019, it can be seen that she is a professional Muslim model which of course is related to the Putri Muslimah Berbakat she achieved, she is also a final year student with a concentration in chemistry. While on her backstage she is a K-POP dancer coach and the only person who wears the hijab in some of her contributions to making K-POP dance covers. Shafira is a humble person and open to others on Instagram, while her firmness and consistency will appear when she is a coach by profession.

Keywords: Beauty Contest, Self Presentation, Instagram, Model, Dance Cover K-POP.

Abstrak. Kontes kecantikan putri muslimah Indonesia sudah tidak asing didengar bagi para kaum hawa. Apalagi setelah adanya fashion hijab yang kini marak digandrungi oleh para muslimah. Ada nya kontes kecantikan putri muslimah Indonesia membuat wanita muslimah di Indonesia mulai percaya diri dalam mempresentasikan bakat dan kemampuan yang ada pada dirinya. Berkembang nya teknologi komunikasi pada salah satu media sosial yaitu Instagram membuat wanita muslimah semakin aktif dalam mempresentasikan diri mereka melalui unggahan-unggahan yang mereka publikasikan. Seperti yang dilakukan oleh putri muslimah berbakat Indonesia 2019, hal tersebut dilakukan nya guna citra yang dibentuk pada Instagram nya berhasil, sehingga khalayak luas dapat menilai diri nya sesuai dengan citra yang dibangun oleh putri muslimah berbakat Indonesia 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara Putri Muslimah Berbakat Indonesia 2019 dalam mempresentasikan diri nya di Instagram serta mengetahui kegiatan nya sehari-hari diluar media sosial Instagram. Dalam merampungkan penelitian nya, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan Dramaturgi milik Erving Goffman. Berdasarkan konten dari Instagram pribadi putri muslimah berbakat Indonesia 2019, dapat dilihat jika ia merupakan seorang model muslimah professional yang tentu nya hal tersebut berkaitan dengan Putri Muslimah Berbakat yang diraih nya, ia juga merupakan seorang mahasiswa tingkat akhir dengan konsentrasi pada bidang kimia. Sementara pada panggung belakang nya ia merupakan pelatih dancer K-POP dan satu-satu nya orang yang memakai hijab pada beberapa kontribusi nya dalam membuat dance cover K-POP. Shafira sendiri merupakan orang yang humble dan terbuka kepada orang lain di instagram, sedangkan ketegasan dan konsistensi nya akan muncul ketika diri nya sedang berprofesi sebagai seorang pelatih.

Kata Kunci: Kontes Kecantikan, Presentasi Diri, Instagram, Model, Dance Cover K-POP.


Keywords


Kontes Kecantikan, Presentasi Diri, Instagram, Model, Dance Cover K-POP

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong. 2000. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong. Ilmu Komunikasi Teori Komunikasi. 2000. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy, 2010, Metodologi Peneltian Kuanlitatif, ,Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy, 2014 , Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar,Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Akkanat, Kaan, 2015, Communication and Interaction on Instagram. a Psychological Science Perspective, BOD Third Party Titles.

Aiyuda Nurul, dan Nandy Agustin Syafarofhat. 2019. Presentasi Diri di Media Sosial (Instagram dan Facebook) Sebuah Literatur Review. PHSYCOPOLYTAN (Jurnal Psikologi) Vol. 2 No. 2.

Damayanti, Alfi Sari Nastiti dan Dian Purworini. 2018. Pembentukan Harga diri: Analisis Presentasi Diri Pelajar di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Vol. 10 No. 1.

Kurnia, Rizka Ayu. 2017. Konstruksi Kecantikan Islami dalam Kontes Putri Muslimah Indoensia. Mozaik Humaniora Vol. 17.

Ria, Ghufron Perdana dan Dadi Ahmadi. 2015. Presentasi Diri Seleb Instagram Hijabers. Prosiding Penelitian SPeSia Unisba 2015.

Novilini, Olga Puspa, Hernawati, Riza. (2021). Opini Member Mengenai Personal Selling Sales Moka Pos dalam Memasarkan Produk. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 1-7




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30253

Flag Counter