Strategi Marketing Public Relations dalam Membangun Brand Image Rumah Sakit

Muhammad Haiqal Azhari, Mohamad Husen Fahmi

Abstract


Abstract. This research discusses the marketing strategy of public relations at RS Ali Sibroh Malisi Jakarta in building a brand image of a hospital with a Betawi nuance. The phenomenon of globalization affects cultural heritage which is felt to be increasingly lost so that in facing the phenomenon of globalization in the cultural field this must be balanced with cultural development by preserving and respecting local culture. Ali Sibroh Malisi Hospital is here to contribute to improving aspects of public health by supporting adequate health facilities but in traditional Betawi concepts in the aspect of cultural development. It needs a strong brand image for the company so that aspects can continue to grow. Public Relations in its role in the company has a Marketing Public Relations program that must be done in building a strong brand image for the company. There are two strategies from the three-way strategy concept in carrying out the PR program, namely pull and pass strategies. This research uses a qualitative methodology with a case study method. Data collection methods used in this study include primary data, that is interviews, observation, and documentation as well as secondary data, specifically literature study and the internet as other sources of reference. The purpose of this study is to analyze the marketing public relations strategy of the Ali Sibroh Hospital in building a hospital brand image with a Betawi nuance. The results of this research are: 1) Pull strategy on PR marketing strategy which is carried out in building brand image 2) Pass strategy on PR marketing strategy which is carried out in building brand image 3) Supporting and inhibiting factors in carrying out the MPR strategy.

Keywords: Marketing Public Relations, Brand Image, Pull Pass Strategy.

Abstrak. Penelitian ini membahas mengenai strategi marketing public relations RS Ali Sibroh Malisi Jakarta dalam membangun brand image rumah sakit bernuansa betawi. Fenomena globalisasi mempengaruhi warisan budaya yang dirasa semakin hilang, sehingga dalam menghadapi fenomena globalisasi di bidang budaya ini harus diseimbangkan dengan pengembangan budaya dengan melestarikan serta menghargai budaya lokal. RS Ali Sibroh Malisi hadir untuk berkontribusi dalam meningkatkan aspek kesehatan masyarakat dengan menunjang fasilitas kesehatan yang memadai namun dalam balutan konsep tradisional Betawi dalam aspek pengembangan budaya. Diperlukan brand image yang kuat bagi perusahaan agar kedua aspek tersebut dapat terus berkembang. Public Relations dalam perannya di perusahaan memiliki program Marketing Public Relations yang harus dilakukan dalam membangun brand image yang kuat bagi perusahaan. Terdapat dua strategi dari konsep three ways strategy dalam menjalankan program PR tersebut yaitu pull, dan pass strategy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi serta data sekunder yaitu studi pustaka dan internet sebagai sumber referensi lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi marketing public relations RS Ali Sibroh dalam membangun brand image rumah sakit bernuansa Betawi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pull strategy pada strategi marketing PR yang dilakukan dalam membangun brand image 2) Pass strategy pada strategi marketing PR yang dilakukan dalam membangun brand image 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan strategi MPR tersebut.

Kata Kunci: Pemasaran Hubungan Masyarakat, Citra Merek, Pull Pass strategy


Keywords


Pemasaran Hubungan Masyarakat, Citra Merek, Pull Pass strategy

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Surabaya: Qiara Media.

Ife, Jim. & Frank Tesoriero. 2006. Community Development. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jefkins, Frank. 2003. Public Relations Edisi Kelima. Terjemahan Haris Munandar. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta: Kencana.

Rahman, Abdul. 2016. Strategi Komunikasi Humas Rumah Sakit Umum Sari Mutiara Medan dalam Membangun Citra Perusahaan. Skripsi. Medan: Universitas Medan Area.

Ruslan, Rosady. 2017. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Depok: Rajawali Pers.

Siyoto, Sandu.,dkk. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Putri Mulia, Firstsishella Shabrina, Fauzi, Rizky . (2021). Kampanye Public Relations “Ngopi tapi Go Green†di RBoJ Coffee. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 39-56




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30178

Flag Counter   Â