Program Recvolution sebagai Strategi Membangun Citra Komunitas Musisi Mengaji

Muhammad Rizqi Hermawan, Erik Setiawan

Abstract


Abstract. Social movements in society will always exist in the course of human life. There are many movements that create a negative impression and stigma in society. However, there are still many communities, organizations, foundations or non-governmental organizations (NGOs) that carry a positive image in their every movement. One of the youth social movement groups that carry a religious label is the Komunitas Musisi Mengaji, which brings an inclusive movement and an understanding of diversity so as to improve their good image in society. The purpose of this research is to find out how the strategy is to build the image of the Komunitas Musisi Mengaji in the campaign about diversity through the recvolution program, as well as the reasons why Komuji created the recvolution program. This study uses data collection techniques through in-depth interviews, observation and documentation. This research uses a qualitative approach with a case study method. From the results of this study, it was found that through the recvolution program Komuji used a campaign strategy, namely workshops and media activation. The reason Komuji runs this recvolution program is the dim condition of the music industry in Bandung, the method that is considered the most effective targeting young people, in line with Komuji's background, as well as other supporting factors.

Keywords: Strategy, Image Building, Community, Campaign

Abstrak. Gerakan sosial di masyarakat akan selalu ada dalam perjalanan kehidupan manusia. Terdapat banyak sekali gerakan yang menimbulkan kesan dan stigma negatif di masyarakat. Namun masih banyak juga komunitas, organisasi, yayasan atau lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang membawa citra positif dalam setiap pergerakannya. Salah satu kelompok gerakan sosial kepemudaan yang membawa label agama adalah Komunitas Musisi Mengaji yang membawa gerakan yang inklusif dan pemahaman tentang keberagaman sehingga meningkatkan citra baik mereka di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi membangun citra Komunitas Musisi Mengaji dalam kampanye tentang keberagaman melalui program recvolution, serta alasan mengapa Komuji membuat program recvolution. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data malalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dari hasil penelitian ini, didapatkan bahwa Komuji menggunakan strategi kampanye yaitu workshop dan aktivasi media.  Alasan Komuji menjalankan program recvolution ini adalah kondisi industri musik di Bandung yang sedang redup, metode yang dirasa paling efektif dengan target anak muda, sejalan dengan latar belakang Komuji, serta adanya faktor pendukung lainnya.

Kata Kunci: Strategi, Membangun Citra, Komunitas, Kampanye


Keywords


Strategi, Membangun Citra, Komunitas, Kampanye

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvonaro. 2016. Metode Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa rekatama Media.

Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Husni, Mochamad, Dyah Rachmawati sugiyanto dan Frizki Nurnisya. 2017. Reputasi yang Berkarakter, Jakarta: PT Media Piar Indonesia.

Iriantara, Yosal. 2010. Community Relations Konsep dan Aplikasinya, Bandung: Simbiosa rekatama Media.

Noermijati. 2019. Pentingnya Memanage Keanekaragaman/Diversity dalam Organisasi di Era Global. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 7, No. 3, Agustus 2019.

Septiyanti, Shafira Putri & Neni Yulianita 2018. Strategi Public Relations GoFood Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. Prosiding Hubungan Masyarakat, Vol. 4, No.2, tahun 2018.

Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekaatam Media.

Putri Mulia, Firstsishella Shabrina, Fauzi, Rizky . (2021). Kampanye Public Relations “Ngopi tapi Go Green” di RBoJ Coffee. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 39-56




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30077

Flag Counter