Konsep Diri Wirausahawan Perempuan di Era Milenial

Beby Rehan Fahira, Ani Yuningsih

Abstract


Abstract. The context of global competition that is increasingly open, such as in this millennial era, has many challenges and obstacles, especially an entrepreneur. In this era women are also moved to become entrepreneurs, therefore a female entrepreneur is required to have readiness and self-confidence in carrying out a business activity that is undertaken. Likewise with the concept of self that cannot be separated from all activities carried out by humans because it includes characteristics inherent in the individual. Based on this phenomenon, the authors formulate the purpose of this study, namely, to determine the self-concept that exists in female entrepreneurs. This study uses a qualitative method with a phenomenological study approach and uses an interpretive paradigm. The data from this study were obtained through interviews with several female entrepreneurs in the city of Bandung, direct observations made by researchers, documentation, and literature studies. The results of this study indicate that female entrepreneurs in the city of Bandung have innovative thinking and positive self-concepts in themselves.

Keywords: Self-concept, Entrepreneurship, Motivation, Millennial era, Women Entrepreneurs

Abstrak. Konteks persaingan global yang semakin terbuka seperti di zaman milenial ini banyak sekali tantangan serta hambatan yang dihadapi khususnya seorang entrepreneur. Pada era ini wanita pun tergerak untuk menjadi wirausahawan, maka dari itu seorang wirausaha perempuan dituntut memiliki kesiapan dan keyakinan diri dalam menjalankan suatu kegiatan usaha yang dijalani. Begitu juga dengan konsep diri yang tidak bisa lepas dari segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia karena termasuk karakteristik yang melekat pada diri individu. Berdasarkan fenomena tersebut, penulis merumuskan tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui konsep diri yang ada pada wirausahawan perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi dan menggunakan paradigma interpratif. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan beberapa wirausahawan perempuan yang berada di kota Bandung, observasi yang dilakukan oleh peneliti secara langsung, dokumentasi, serta studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa wirausahawan perempuan di kota Bandung memiliki pemikiran inovatif serta konsep diri yang positif dalam diri mereka.

Kata Kunci: Konsep diri, Wirausahawan, Motivasi, Era Milenial, Wirausahawan Perempuan


Keywords


Konsep diri, Wirausahawan, Motivasi, Era Milenial, Wirausahawan Perempuan

Full Text:

PDF

References


Effendy, O. U. 2007. Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Roskdakarya.

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santoso, D. (2013). Modul Pembelajaran Kewirausahaan. Jakarta: Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Susanti, B.M. 2000. “Penelitian Tentang Perempuan Dari Pandangan Androsen ke Perspektif Genderâ€. Dalam EKSPRESI Dari Bias Lelaki menuju Kesataraan Gender Jurnal ISI Yogyakarta.

Ahmadi, Dadi. 2008. Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar. MediaTor. Vol.9, No.2 (307-311)

Ardiansyah, Tedy. 2018. Perspektif Tingkat Kemampuan dan Transformasi Wirausahawan Merubah Risiko Menjadi Sukses Berwirausaha. Universitas Indraprasta PGRI. Vol.10, No.2. (168-176)

Nuria Gonzalez-Alvarez, Vanesa Solis-Rodriguez. (2011). Discovery of entrepreneurial opportunities: a gender perspective. Industrial Management & Data Systems. Vol. 111, No. 5 (755-775)

Scheepers, M.J. (2008). Entrepreneurial Mindset of Information and Communication Technology Firms. Departement of Business Management. Vol.10 (4)

Stephanie Jill Najon, dkk. (2011). Transformasi Sebagai Strategi Desain. Media Matrasain. Vol.8, No.2 (120)

Yose Fratama, Genny S.S. 2017. Makna Diri Rescuer pada Badan Search and Rescue Nasional Kantor Sar Pekanbaru. JOM FISIP. Vol.4, No.2.

Susandi, Dila O.C. (2014). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Presentasi Diri pada Pengguna Jejaring Sosial Facebook [skripsi]. Surakarta (ID): Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Novilini, Olga Puspa, Hernawati, Riza. (2021). Opini Member Mengenai Personal Selling Sales Moka Pos dalam Memasarkan Produk. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 1-7




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30034

Flag Counter   Â